2018, Sudah Bisa Bablas Tol Trans Jawa Nih!

Big Banner
Penggarapan seluruh ruas Tol Trans Jawa ditargetkan selesai 2018. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Tol Trans Jawa sepanjang 661 km telah mencapai 91 persen. Kalau melihat perkembangan pembebasan lahan tersebut, pemerintah optimisti jalan Tol Trans Jawa bisa tersambung pada 2018.

“Kami yakin Tol Trans Jawa pada 2018 bisa tersambung seluruhnya,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (19/1).

Ada beberapa progres ruas Tol Trans Jawa yang belum tersambung saat ini yakni Batang-Brebes-Semarang sepanjang 152 km. Namun, pembebasan lahan ruas tol ini sudah mencapai 92 persen.

Baca juga: Jalan Tol Batang-Semarang Bisa Dilalui Mudik Tahun Ini, Tapi…

“Sementara ruas Tol Semarang-Salatiga dan Salatiga-Solo sudah seratus persen pembebasan lahannya. Ruas Tol Solo-Kertosono-Ngawi sepanjang 180 km ditargetkan pembebasan lahannya akan selesai pada Februari ini,” kata Basuki.

Penuntasan sejumlah proyek tol, menurut Basuki, begitu terbantu dengan menggunakan dana talangan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebesar Rp15,75 triliun yang dikeluarkan hingga Desember 2016.

Baca juga: Kalau Jalan Tol Ini Rampung, ke Danau Toba Ga Pake Lama

“Untuk tahun ini, dana talangan LMAN sebesar Rp20 triliun yang dialokasikan untuk tol sebesar Rp13 triliun, Sementara sisanya untuk pelabuhan, kereta api dan lainnya,” ucapnya. (Dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me