Cuma Kerja 8 Tahun, Lalu Pensiun Dini dan Traveling di Usia Milenial

Big Banner
Keluarga Olson: Joe, Ali & Annabelle (Rumah123/Business Insider)

Pasangan suami-istri (pasutri) ini baru berusia awal 30-an, tapi sudah pensiun dini setelah mereka kerja hanya 8 tahun, punya duit 1 juta US dollar (sekitar Rp13,2 miliar), dan sekarang tinggal jalan-jalan keliling dunia! Siapakah mereka?

Pasutri muda ini bernama Joe dan Ali Olson. Mereka punya putri berusia satu tahun bernama Annabelle. Kisah pasangan Olson ini memang luar biasa. Patut dicontoh kaum milenial yang biasanya cuek terhadap kepemilikan properti.

Baca juga: Penting Banget Nih Buat Generasi Milenial, Tren Jalan-jalan 2017 (Bagian 3)

Joe dan Ali hanya bekerja selama delapan tahun, lantas pensiun dini dari profesi guru sekolah umum. Pasangan berusia muda ini berhenti bekerja pada Agustus 2015 lalu.

Ga heran kan kalau banyak yang bertanya bagaimana mereka bisa pensiun dini? Baru awal 30-an loh umur mereka! Ternyat kuncinya adalah menghemat pengeluaran dan menemukan sumber pemasukan lain.

Baca juga: Penting Banget Nih Buat Generasi Milenial, Tren Jalan-jalan 2017 (Bagian 2)

Joe dan Ali bertemu pada 2004 ketika sama-sama masih menjadi mahasiswa. Mereka menikah ketika sudah tingkat senior. Setelah lulus kuliah, keduanya pindah ke kota Las Vegas, negara bagian Nevada, Amerika Serikat.

Joe menerima tawaran untuk mengajar di Teach for America. Ali juga mulai mengajar sebagai guru pengganti dan juga bergabung dengan TFA sekaligus mengajar Bahasa Inggris di sekolah menengah lokal.

Baca juga: Penting Banget Nih Buat Generasi Milenial, Tren Jalan-jalan 2017 (Bagian 1)

“Hmm, beruntung kalau biaya hidup di Las Vegas memang rendah, tetapi gaji guru juga kecil,” ujar Ali kepada laman keuangan independen dan pensiun dini, Mad Fientist dalam episode Financial Independence Podcast.

Joe dan Ali lalu mengambil pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan seperti mengajar sekolah pada musim panas, klub lari, atau kelas tambahan untuk menambah pendapatan mereka.

Baca juga: Generasi Milenial: Jalan-Jalan Nomor Satu, Bayar Cicilan Pendidikan Nanti Dulu!

“Ya, ada perbedaan persentase yang besar lantaran kalau kamu mendapatkan gaji 35.000 Us dollar (sekitar Rp464 juta) dan kamu mengajar sekolah musim panas dibayar 3.500 US dollar  (sekitar Rp46 juta), ini seperti wow! ada sepuluh persen tambahan pada pendapatan saya,” kata Joe memaparkan.

Dalam beberapa tahun, Joe dan Ali bisa mendongkrak pendapatan mereka lebih dari 50 persen lewat pekerjaan tambahan ini.

Baca juga: Waduh, Generasi Milenial AS Enggan Punya Rumah Sendiri

Pasangan ini menyadari bahwa mereka ingin mendapatkan kebebasan finansial dan bisa bebas untuk mengejar apa yang mereka impikan, di mana pun mereka mau. Lantas, Joe dan Ali bisa menyisihkan 75 persen pendapatan dari mengajar.

Pada 2008, mereka membeli rumah sewa pertama mereka di Las Vegas. Dalam beberapa tahun, Joe dan Ali bisa membeli 14 rumah sewa lagi.

Mereka memang kehilangan banyak uang selama krisis keuangan. Namun, beruntung pasar properti kembali membaik dan rumah sewa mereka mulai memberikan keuntungan yang stabil. Tidak heran, kalau kekayaan bersih Joe dan Ali bisa mencapai 1 juta US dollar (sekitar Rp13,2 miliar)!

Baca juga: Developer Hong Kong Belum Beradaptasi dengan Generasi Milenial DINC

Sekarang, Joe dan Ali benar-benar memiliki kebebasan finansial. Mereka bisa melancong keliling dunia bersama Annabelle. Joe dan Ali membagikan pengalaman mereka lewat blog, Adventuring Along.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me