Overpass Antapani Diresmikan, Kemacetan di Bandung pun Bisa Dikurangi

Big Banner
Overpass Antapani Bandung, Selasa (24/1), diresmikan dan sudah bisa dilintasi. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada Selasa (24/1), meresmikan overpass (jalan layang) Antapani di Bandung, Jawa Barat.

Pembangunan overpass ini dimulai sejak 10 Juni 2016 lalu dan  pengerjaannya berakhir pada 28 Desember 2016. Pengerjaan overpass Antapani ini dikebut dalam waktu enam bulan dan diuji coba lalu lintas.

Overpass tersebut diharapkan mampu mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan Jalan Antapani dan Jalan Terusan Jakarta, terutama pada jam-jam kerja dan akhir pekan.

Baca juga: 4 Flyover Ini Bikin Mudik Tahun Depan Nggak Macet Lagi

Pembangunan overpass ini menggunakan metode pilot project teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia.

Bahan baja berbentuk corrugated atau armco dengan jumlah tiga bentang menjadi struktur penopang jembatan. Bentang jembatan ini dijamin memiliki kekuatan dan kualitas overpass. Untuk mempercantik overpass ini, pada bagian temboknya diberikan sentuhan seni grafiti.

Baca juga: Tiongkok Memang Jagonya Membangun Jembatan, Luar Biasa!

Bentang tengah overpass itu memiliki lebar 22 meter dengan ketinggian ruang bebas vertikal 5,1 meter. Kemudian, pada putaran balik (U turn) jembatan tersebut memiliki lebar bentang sembilan meter.

CMP merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian PUPR. Pengembangannya berupa timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang. (Dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me