Las Vegas Bangun Stadion American Football demi Keuntungan Final Super Bowl

Big Banner
Stadion Baru Oakland Raiders (Rumah123/Dezeen)

Klub American football NFL, Oakland Raiders berencana memindahkan home base mereka dari Oakland, California ke Las Vegas, Nevada.

Biro arsitek MANICA Architecture yang mendesain stadion baru ini juga telah merilis sejumlah gambar stadion futuristik ini.

Baca juga: Luar Biasa, Tiongkok Dominasi Penyelesaian Konstruksi Pencakar Langit pada 2016

Stadion ini akan berbentuk seperti mangkuk dengan fasad dan eksterior berwarna hitam sesuai warna tim, hitam dan perak.

Stadion berkapasitas 65 ribu penonton ini memiliki atap transparan dan sedikit bagian terbuka pada sisi Utara.

Baca juga: Rotterdam Berubah Wujud Menjadi Kota Inovasi Arsitektur di Dunia

Komite Infrastruktur Pariwisata Nevada Selatan melansir kalau biaya pembangunan stadion baru ini akan mencapai US 1,9 miliar dollar AS (Rp 25,4 triliun).

Sejumlah media Amerika Serikat merilis bahwa negara bagian Nevada siap untuk menggelontorkan dana sebesar US 750 juta dollar (Rp 10 triliun).

Baca juga: Stasiun Kereta Ini Bisa Penuhi Kebutuhan Masyarakat Yang Gila Sepeda!

Lantas pemilik Oakland Raiders, Mark Davis bersiap merogeh koceknya dalam-dalam hingga US 500 juta dollar AS (Rp 6,6 triliun). Davis merupakan pemegang saham terbesar Oakland Raiders dengan total 47 persen.

Investor lainnya adalah raja kasino Sheldon Adelson yang siap mengeluarkan US 650 juta dollar AS (Rp 8,6 triliun) untuk pembangunan stadion baru Oakland Raiders ini.

Baca juga: Rumah dengan Pemandangan Gurun Pasir, Wah Kayak Apa Ya?

Saat ini, Las Vegas tidak memiliki klub American football. Dewan kota dan juga pengusaha di kota ini ingin kalau ada tim NFL.

Kalau ada klub dan juga stadion maka peluang untuk menggelar final utama NFL alias Super Bowl bakal terbuka lebar.

Baca juga: Apartemen Berdesain Gudang Raih Penghargaan Ramah Lingkungan, Keren Nih!

Final Super Bowl merupakan pertandingan olahraga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia selain final sepak bola Liga Champions Eropa dan laga sepak bola El Clasico Liga Primera Spanyol antara Real Madrid dan Barcelona.

Menurut perusahaan pemeringkat rating televisi Nielsen, final Super Bowl menempati rating tertinggi antara 40 hingga 60.

Baca juga: Sembilan Rancangan Terpilih Jadi Pemenang Kompetisi Desain Rumah di Bulan!

Acara final ini juga ditonton setidaknya 100 juta orang di Amerika Serikat saja. Malahan, NFL mengklaim kalau 1 miliar orang di 200 negara di seluruh dunia menonton tayangan ini.

Pada 2012 lalu, iklan dengan durasi 30 detik saja yang ditayangkan saat jeda harus membayar US 3,5 juta dollar (Rp 46,6 miliar)!

Baca juga: Cuma Kerja 8 Tahun, Lalu Pensiun Dini dan Traveling di Usia Milenial

Las Vegas pun tidak mau ketinggalan untuk meraih keuntungan besar dari final ini seperti yang pernah didapatkan kota-kota lainnya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me