Desain Etnik Tradisional Nggak Ketinggalan Jaman, Kok!

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Gurigahouse.com)

Sering berlibur ke Bali? Pasti sering melihat bungalow, villa, atau rumah modern tetapi berdesain gaya Bali terutama pada taman.

Pernah bertandang ke Yogyakarta? Pasti pernah melihat rumah khas Jawa Joglo dengan segala ukirannya.

Baca juga: Wow, Rumah Peristirahatan Ini Dirancang untuk Memberikan Inspirasi Lho

Nggak ada salahnya kok untuk menerapkan gaya desain etnik tradisional ini. Kamu memiliki banyak pilihan karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam.

Banyak orang yang menerapkan desain etnis tradisional Jawa pada beberapa bagian atau keseluruhan rumahnya.

Baca juga: Punya Rumah Tingkat? Bikin Tangga Kayu yang Keren Seperti Ini Dong!

Ada yang membangun rumah Joglo secara keseluruhan.  Ada juga yang hanya memasang gebyok, bagian depan rumah yang terbuat dari ukiran.

Kalau rumah tradisional ini, kamu punya pilihan untuk membelinya secara utuh, dibongkar, dan kemudian dipasang ulang. Atau kamu membeli baru dengan memesannya ke pengrajin ukiran di Jepara, Jawa Tengah.

Baca juga: Bangunan Tua Dipermak Jadi Kantor Desain dan Biro Arsitek, Lebih Kekinian Lho!

Selain itu, aplikasikan beberapa elemen seperti pajangan wayang, mainan tradisional, dan lainnya sebagai penghias ruangan.

Jangan lupakan juga memasang kursi kayu atau rotan yang bisa memperkuat kesan desain etnik tradisional.

Baca juga: Wow, Sofa Ini Dirancang untuk Mereka yang Tinggal di Apartemen Kecil

Hmm, salah satu bagian yang bisa diaplikasikan adalah lantai dengan memasang tegel kunci. Biasanya rumah para priyayi Jawa tempo dulu selalu memasang tegel kunci pada lantai rumahnya.

Sekarang banyak yang mengaplikasikan tegel kunci pada lantai ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur sebagai aksen, meski tidak menerapkan gaya etnik tradisional.

Baca juga: Hmm, Ga Ada Salahnya Kok Taruh Tanaman di Dapur

By the way, nggak usah merasa tidak kekinian kalau menerapkan desain ini, karena banyak villa dan hotel di Indonesia yang mengaplikasikan beberapa unsur desain etnis pada desain interior dan eksteriornya.

rumah123.com