Pergub Pengelolaan Apartemen Segera Terbit

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan menyusun peraturan gubernur (pergub) untuk mengatur pengelolaan rumah susun (rusun) atau apartemen di Jakarta. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, draft pergub ini masih dirumuskan sambil menunggu masukan dari masyarakat dan stake holder.

Apartemen Kalibata City

Apartemen Kalibata City

“Pergub ini disusun untuk aturan teknis terkait UU No. 20 Tahun 2011 tentang pengelolaan rusun yang hingga saat ini belum keluar aturan teknisnya berupa peraturan pemerintah (PP), permen, atau lainnya. Makanya kami berinisiatif untuk menerbitkan pergub guna mengisi kekosongan aturan,” ujar Sumarsono di Jakarta, Kamis (26/1).

Sumarsono menyatakan kekosongan aturan ini menimbulkan banyak masalah di lapangan yang berujung sengketa. Pergub ini juga akan menjadi  payung pembentukan perhimpunan pemilik dan penghuni satuan rumah susun (P3SRS). Pemprov DKI sudah meminta masukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, asosiasi pengembang (REI dan Apersi), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Ombudsman, dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

“Kami sudah membentuk tim kecil untuk merumuskan pergub ini yang terdiri dari beberapa instansi terkait. Semua suara dari penghuni, pengembang, pemerintah kita saring dan akan dipertimbangkan matang-matang, jadi ini semacam diskresi dari kami sebelum terbit PP turunan UU No. 20 Tahun 2011,” imbuhnya.

Secara terpisah, Dicky Setiawan, Presiden Direktur PT Bakrie Pangripta Loka (KSO Perumnas-Bakrieland), pengembang Sentra Timur Residence mengatakan, pengembang dan konsumen biasanya sudah berkomunikasi sebelum unitnya dihuni. Sejauh ini pengelolaannya tidak ada masalah dan terus berproses untuk pembentukan P3SRS.

“Selama semua paham dengan hak dan kewajibannya, seluruh proses dari mulai pembangunan, serah terima, terhuni, hingga pengelolaan seluruh kompleks rusun pasti bisa dilalui  dengan baik,” jelasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me