Renovasi Dapur Restoran Agar Ada Chi Positif? Lakukan Ini!

Big Banner
Ilistrasi Foto: Rumah123/iStock

Buat kamu yang menggeluti bisnis kuliner dan berniat merenovasi dapur di restoranmu, bisa tengok dari sudut pandang feng shui. Pada dasarnya, feng shui menitikberatkan pada aliran energi positif (chi).

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan menurut pakar feng shui Jessica Diana Kartika berikut ini. Simak ya.

Baca juga: Hidangan untuk Imlek Ada Aturannya Loh, Hayo Kenapa?

“Dapur ibarat organ lambung pada tubuh. Letak dapur yang ideal menurutnya, sedikit ke belakang dari bidang tanah atau bangunan,” ujarnya seperti dilansir dari Majalah Femina edisi Imlek.

Peletakkan dapur sebaiknya tidak berada di titik tengah bangunan, karena energi panas yang dikeluarkan dari ruang tersebut. Hawa panas sebaiknya berada dekat dengan akses keluar. Selain itu, hawa panas dalam ruang bisa mengurangi energi positif.

Letak dapur juga tidak baik berada di bawah kamar mandi, bawah tangga, atau terdapat saluran penampungan kotoran (septic tank). Hal ini demi menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca juga: Jelang Imlek, Gini Aja Buat Dekorasi Rumah Ya!

Soal lokasi juga harus kamu perhatikan. Hindari area Utara untuk ruang dapur, karena sektor Utara pada kompas China merupakan unsur air dan bertolak belakang dengan api. Posisi dapur berada di bagian depan menurutnya kurang tepat.

“Terkecuali untuk bisnis restoran, dapur boleh berada di depan. Asalkan komposisi unsur api (kompor) dan unsur air (bak cuci) benar, sehingga tidak menimbulkan pertentangan. Konsekuensinya harus selalu dijaga kebersihannya karena bakal dilewati pelanggan yang keluar masuk,” katanya. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me