Kucurkan PKBL dan CSR, Bank BTN Dukung Pengembangan KEK Mandalika

Big Banner

corporate social responsibility (CSR) dan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Acara ulang tahun ini digelar oleh 22 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di antaranya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., PTBank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PTDanareksa (Persero), PTDok &P erkapalan Kodja Bahari (Persero), PT INTI (Persero), PT Energi Management Indonesia (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), PT Jasa Raharja (Persero), dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Siaran pers Bank BTN yag diterima jktproperty.com mengungkapkan acara digelar dengan menyebarkan bantuan CSR ke wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah. Dalam gelaran ulang tahun bersama tersebut, dana CSR yang terkumpul mencapai lebih dari Rp10 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas untuk pengembangan kawasan wisata, ekonomi, dan fasilitas pendidikan bagi masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) setempat.

Khusus untuk anggota Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), termasuk Bank BTN, ikut serta memberikan kontribusi dengan melakukan revitalisasi kawasan Desa Ende sebagai Desa Wisata. Desa Ende atau Kampung Ende sendiri terletak di Desa Sengkol, KecamatanPujut, LombokTengah. Di desa ini terdapat 30 rumah yang dihuni Suku Sasak.

Dalam revitalisasi tersebut, para anggota Himbara mengucurkan dana untuk penataan lingkungan, penataan bangunan heritage, pembangunan sarana dan prasarana, dan pengembangan seni dan budaya. Kalangan bank BUMN juga menggelar pembangunan ekonomi berupa pembangunan toko seni, sentra kuliner, dan sebagainya. Nilai dana CSR dari Himbara untuk pengembangan Desa Ende yang mencapai lebih dari Rp2 miliar diharapkan bisa memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi penduduknya.

Sementara itu, di samping memberikan dukungan di sektor pariwisata, Bank BTN juga mengulurkan bantuan CSR di Desa Sembalun. Kali ini, para siswa SD 03 Desa Sembalun menjadi sasaran CSR perseroan dengan melakukan perbaikan fasilitas ruangan kelas, peralatan mengajar seperti laptop dan peralatan LCD Proyektor, hingga peralatan sekolah bagi murid yang akan menghadapi ujian.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan pembangunan sarana dan fasilitas pendidikan menjadi bagian penting dalam pembangunan kawasan ekonomi maupun wisata. “Diharapkan dengan pembangunan tersebut, angka putus sekolah bisa diturunkan dan kualitas SDM menjadi lebih baik seiring dengan makin lengkapnya fasilitas pendidikan di sekolah mereka,” ujar Maryono di Desa Sembalun, Nusa Tenggara Barat, Jumat (27/1).

Sebelumnya, Bank BTN juga konsisten dalam memberikan dukungannya ke masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Berbagai aksi digelar mulai dari pemberian bantuan bagi pedagang kaki lima, pemberian bantuan sosial ke daerah yang terkena bencana, dan sebagainya. Kontribusi Bank BTN dalam membangun negeri pun dilakukan tidak hanya dengan mengucurkan dana CSR atau PKBL, tapi juga melalui dukungan untuk berbagai program pemerintah, seperti Program Sejuta Rumah. (EKA)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me