Begini, Dekorasi Pesta Pernikahan di Taman Terbuka

Big Banner

KompasProperti – Tidak semua dari kita mampu menyewa perencana pernikahan atau wedding organizer (WO) dan menggelar resepsi pernikahan besar-besaran di gedung mewah.

Tetapi, menggelar pesta di taman bisa sama istimewanya dan terasa lebih berarti, jika mencerminkan kepribadian pengantin wanita dan pria serta menggambarkan bagaimana perasaan mereka satu sama lain.

Sebuah tema yang memberikan hari besar Anda sentuhan karya buatan tangan atau vintage, atau keduanya, bisa memberi kesan sebuah pesta yang rendah hati dan indah.

Berikut adalah beberapa ide untuk menciptakan pesta pernikahan bagi Anda sendiri atau kerabat terdekat.

1. Tetap sederhana

Kegembiraan dalam menikah adalah menyaksikan teman-teman dan keluarga untuk datang dan berbagi dalam kebahagiaan Anda.

Sebuah pesta pernikahan di taman dengan ruang terbatas memberikan alasan yang sempurna untuk mengundang hanya orang-orang yang Anda inginkan.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

Misalnya, Anda memiliki pengalaman buruk dengan salah satu teman sekolah atau rekan satu kantor yang tidak ingin Anda temui lagi setelah Anda meninggalkan tempat kerja.

Kemudian, atur tempat duduk dengan cara yang memungkinkan tamu untuk bergerak dan berbaur.

Sebagai contoh, Anda dapat menyiapkan bal jerami sebagai kursi di bawah payung besar dengan meja kayu bulat.

Jika bal jerami terlalu santai atau menusuk, Anda dapat mengatur meja kecil dengan beberapa kursi.

Lebih lanjut, Anda dapat menambakan tenda seperti penampungan lengkap dengan sofa yang nyaman supaya para tamu dapat duduk lebih santai.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

2. Tetap nyaman

Tandai daerah untuk tamu dengan pita atau kain yang Anda buat sendiri. Kalau bisa, kumpulkan potongan kain antik atau retro untuk membuat bendera.

Jangan khawatir tentang batasan palet warna sampai-sampai Anda pusing sendiri mencari pita yang sesuai dengan tema.

3. Membuat sendiri hiasan di atas meja

Jika Anda menempatkan meja-meja makan, hiasan memberi kesempatan Anda untuk mengembangkan kreativitas.

Sebagai gambaran, potongan tanaman dan sendok kayu tua yang diberi label dengan nomor meja menciptakan kesan menawan di pesta pernikahan.

Jika Anda memilih untuk memiliki tema warna, misalnya hiasan bunga yang sesuai dengan buket Anda atau gaun pengiring pengantin, bawa sentuhan vintage dengan menampilkan bunga dalam kaleng yang dibungkus renda dan benang.

4. Cocokkan

Jika Anda tidak ingin pernikahan yang akan segera memudar dari ingatan para undangan, lakukanlah secara berbeda.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

Detail seperti piring, cangkir teh dan gelas yang serasi menambahkan sentuhan vintage unik.

Anda bisa menelusuri toko-toko bekas untuk menemukan piring tua yang bisa menjadi koleksi Anda.

5. Lapisan taplak

Indahnya pernikahan kecil adalah kemampuan untuk personalisasi tanpa mengeluarkan biaya besar.

Tumpuk beberapa lapisan kain dengan pola yang sama, tetapi dengan warna berbeda. Lakukan hal tersebut pada meja makanan penutup atau meja kue-kue.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

6. Buat setiap tamu merasa istimewa

Mengatur setiap tempat dengan hati-hati mengirim pesan terima kasih bagi para tamu. Bukan hanya mereka telah datang ke pernikahan, tetapi juga untuk peran yang mereka mainkan dalam hidup Anda.

Sebuah hadiah atau pernikahan kecil yang tamu dapat dibawa pulang adalah hal lazim. Tapi, satu yang Anda buat sendiri akan terasa lebih bermakna.

Ide yang bisa Anda terapkan adalah menyiapkan sebuah stoples selai dengan label ucapan terima kasih, segenggam biskuit dalam kantong kertas kemudian diikat dengan tali, atau sabun buatan tangan dibungkus plastik.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

7. Cahaya

Jika perayaan pernikahan berlangsung hingga malam hari atau memang diadakan malam hari, gunakan banyak lilin untuk mengatur suasana.

Anda juga bisa membuat lilin mengambang dalam gelas air di atas meja, lampu dalam kantong kertas sepanjang jalur lapisan pasir, hingga lentera yang tergantung dari pohon atau di atas.

Minta salah satu rekan untuk mengawasi dan mengganti lilin jika mulai membakar atau habis.

Houzz Dekorasi pernikahan di taman

8. Penanda

Sesuai dengan tema buatan sendiri, arahkan tamu langsung ke meja dengan bantuan beberapa tanda pada papan tulis dengan tulisan sendiri.

Dengan cara itu, Anda dapat mengatur sedikit siapa yang akan duduk di sebelah siapa. Mungkin Anda juga bisa menjodohkan teman dengan sepupu.

Jika Anda telah memesan makanan, biarkan tamu mengetahui menu dengan tanda di papan tulis yang digantung atau menu yang dicetak seperti di restoran.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me