SMF Perluas Segmentasi Penyaluran Peminjaman di 2017

Big Banner

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF berhasil meningkatkan pertumbuhan kinerja dalam hal penyaluran dana kepada penyalur KPR di sektor pembiayaan perumahan pada tahun 2016 lalu. Total akumulasi dana yang disalurkan SMF yaknisebesar Rp27,39 triliun terhitung sejak 2015 hingga Desember 2016 atau meningkat 35,26% dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp20,25 triliun.

“Indikator Kerja Utama (IKU) SMF diukur dari jumlah dana yang telah tersalurkan dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan,” ujar Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, yang ditemui dalam acara Konferensi Pers Kinerja Tahun 2016 dan Rencana 2017 SMF di Graha SMF, Jakarta (27/1) lalu.

Tidak hanya peningkatan kinerja, SMF selaku lembaga keuangan khusus di sektor pembiayaan sekunder perumahan, juga mengeluarkan dan mensosialisasikan standard operasional prosedur (SOP) KPR Bank Pembangunan Daerah(BPD) SMF. Hal tersebut guna mendorong terbentuknya standar produk KPR BPD yang terjangkau, sesuai, dandapat digunakan. Sehingga masyarakat seluruh Indonesia dapat memiliki rumah yang layak dengan harga yang terjangkau.

Adapun, SMF menyalurkan dananya ke sektor perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran peminjaman. Berdasarkan data laporan keuangan unaudited periode 31 Desember 2016, Ananta memaparkan bahwa peningkatan kinerja SMF tercapai melalui sekuritisasi sebesar Rp1,5 triliun dan penyaluran peminjaman sebesar Rp5,64 triliun.
Tidak hanya kinerja, asset SMF pun meningkat 30% menjadi Rp13,12 triliun yang sebelumnya hanya mencapai Rp10 triliun. Posisi penyaluran pinjaman juga meningkat sebesar 6,12% menjadi Rp8,32 triliun yang sebelumnya Rp7,84 triliun.Adapun laba bersih meningkat 28% menjadi Rp318,04 yang sebelumnya Rp247,76 miliar.

Melihat peningkatan aliran dana di tahun 2016, SMF berencana akan fokus memperluas target penyaluran peminjamandi tahun 2017, yakni kepada BPD di seluruh Indonesia dan perusahaan pembiayaan. “Dengan semakin banyaknya aliran dana pasar modal yang digunakan untuk penyaluran KPR dan penerapan KPR yang terstandar, diharapkan dapat terbentuk portfolio KPR yang siap untuk disekuritisasi,” jelas Ananta. MPI/Yasmin

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me