Partisi dari Kaca? Wah, Bisa Jadi Alternatif Pemisahan Ruangan Lho

Big Banner
Apartemen yang Didesain oleh Daniele Petteno Architecture (Rumah123/Dezeen)

Kalau kamu memiliki rumah atau apartemen dengan luas terbatas, kamu memang akan membuat satu ruangan memiliki dua fungsi.

Ruang duduk berfungsi sebagai ruang keluarga dan ruang tamu. Ruang makan menyatu dengan dapur.

Baca juga: Punya Rumah Tingkat? Bikin Tangga Kayu yang Keren Seperti Ini Dong!

Untuk pemisahan ruangan, kamu bisa menggunakan aplikasi warna berbeda. Selain itu, kamu bisa menggunakan partisi untuk memisahkan ruangan.

Kamu bisa menggunakan partisi dari kayu, kain, atau material lainnya. Nah, pernahkan kamu terpikir untuk menggunakan partisi dari kaca?

Baca juga: Rumah Kayu Diubah Jadi Ruang Kerja dan Studio, Penasaran Kayak Apa?

Unit apartemen di Nevern Square Apartment di London, Inggris ini mengaplikasikan partisi kaca untuk memisahkan dapur dan ruang tidur.

Apartemen ini didesain oleh Daniele Petteno Architecture Workshop. Biro arsitek ini didirikan oleh Daniele Petteno dan berkantor pusat di London.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Pencahayaan Alami Lewat Jendela di Bagian Depan dan Belakang Rumah

Lantaran apartemen ini memiliki luas terbatas, hanya 69 meter persegi, maka Daniele Petteno Architecture Workshop mendesain apartemen ini menjadi lebih compact.

Ruang duduk, ruang makan, dan dapur menjadi satu. Dapur bersisian dengan ruang tidur dan hanya dipisahkan oleh partisi kaca.

Baca juga: Wow, Sofa Ini Dirancang untuk Mereka yang Tinggal di Apartemen Kecil

Partisi kaca memang sengaja ditempatkan di sini lantaran ruang tidur berada di pojok dan tidak mendapatkan akses sinar matahari.

Satu-satunya akses cahaya luar berasal dari dapur. Namun, kalau dapur tidak ditutup, maka saat memasak, prosesnya akan mengganggu dan mungkin akan mengotori tempat tidur.

Baca juga: Atasi Minimnya Cahaya Alami di Rumah dengan Skylight, Mau Coba?

Untuk itulah, Daniele Petteno Architecture Workshop mendesain partisi kaca yang bisa dibuka dan ditutup. Saat tidak ada kegiatan memasak, partisi bisa dibuka. Sebaliknya, saat memasak, maka partisi kaca akan ditutup.

Nah, mungkin kamu mendapatkan ide untuk membuat partisi kaca di rumah. Ayo, jangan ragu untuk mengaplikasikannya di rumah kamu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me