Tips Tentang Penataan Rumah yang Harus Dihindari

Big Banner

Majalah Properti Indonesia bekerjasama dengan Urbanindo khusus dirubrik Tips and Triks menurunkan tulisan tentang tips menata rumah. Terutama apa saja yang perlu dihindari seperti:

Tidak Berlebihan Menata Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan area yang sifatnya tidak terlalu privat karena diperuntukkan sebagai tempat menerima tamu. Ruangan ini sebaiknya ditata dengan simpel dan tidak ditambahi dekorasi-dekorasi yang berlebihan. Cukup letakkan satu hingga dua dekorasi yang memiliki focal point menarik di sana. Misalnya, sebuah lukisan atau tanaman hijau yang segar. Menata ruang tamu dengan cara seperti ini pun akan membuat area itu menjadi lebih luas.

Pemilihan furnitur untuk ruangan ini pun perlu benar-benar diperhatikan. Sebaiknya pilihlah sofa dan coffe table sebagai komponen utama dengan desain serta ukuran yang pas. Jika ukurannya terlalu besar, tentu akan membuat ruangan menjadi terasa sempit. Jangan biarkan juga ruangan ini dipenuhi dengan barang-barang pribadi, seperti sepatu, tas, dan benda lainnya. Jaga agar area ini tetap rapi untuk memberikan kesan baik pada orang yang bertamu. Dengan demikian, tamu yang datang pun tentu akan merasa nyaman.

Pertimbangkan Ukuran Ruang Keluarga

Kadang kala banyak orang yang ingin menyimpan berbagai macam dekorasi ke dalam ruang keluarga. Padahal hal itu tidak tepat untuk dilakukan dan akhirnya dapat membuat ruangan jadi berantakan. Jika sudah begini, keinginan untuk berkumpul serta bersantai dengan keluarga pun
menjadi sangat tidak nyaman. Kesalahan penataan lainnya yang biasa terjadi di ruangan ini adalah kurangnya pencahayaan.

Warna lampu yang biasanya dipilih pun berwarna putih, padahal hal itu mengesankan nuansa yang terlalu dingin. Sebaiknya pilih warna lampu yang dapat menghadirkan kesan hangat. Ruang keluarga seharusnya diatur untuk memiliki nuansa yang hangat dan nyaman karena di sinilah seluruh anggota keluarga berkumpul, bertukar cerita, dan mempererat hubungan. Berikanlah dekora-si simpel yang memiliki nilai emosional, seperti foto pernikahan atau foto keluarga.

Tambahkan pula dekorasi atau perabot yang dapat mendukung suasana santai, seperti sofa bed, karpet, dan bantal cushion. Hal yang paling terpenting adalah menyesuaikan barang yang akan dimasukkan dengan ukuran ruangan keluarga tersebut.

Sebaiknya gunakan televisi yang tertempel pada dinding rumah (mounted) agar supaya menghemat lahan dan membuat ruang keluarga menjadi lebih luas. Pilih pula desain televisi layar datar untuk membuat tampilan ruang keluarga jadi lebih modern.

Menghilangkan Segitiga Dapur

Dapur ternyata tidak boleh ditata dan dibuat secara sembarangan. Anda harus mendesainnya dengan mempertimbangkan segitiga kerja. Garis imajiner yang menghubungakan antara kompor, kulkas, dan tempat cuci piring ini akan membuat aktivitas memasak jadi lebih efisien. Selain itu, penataan meja counter dan peralatan-peralatan lain di dapur pun akan lebih tepat dan tidak membingungkan.

Walau ukuran dapur tidak terlalu besar, seluruh kegiatan yang dilakukan tidak akan terasa rumit. Hal kedua, banyak orang melengkapi area dapurnya dengan tempat penyimpanan yang memadai. Padahal tempat penyimpanan berupa lemari kecil, rak, ata bahkan lemari pada kabinet dapat dijadikan ruang persembunyian barang-barang
kebutuhan dapur.

Kesalahan lainnya, para pemilik rumah lupa bahwa ventilasi yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah dapur. Membuat jendela dan menambahkan cooker hood sangat tepat dilakukan untuk mengurangi pengap dan mengeliminasi berbagai macam bau dari bahan makanan.

Melupakan Ventilasi Kamar Mandi Kamar mandi saat ini bukan hanya tempat membersihkan badan saja. Oleh sebab itu, saat ini banyak orang yang senang menata ruangan tersebut dengan berbagai macam gaya dan melengkapinya dengan berbagai macam dekorasi.

Hal itu memang bisa saja dilakukan, namun jika berlebihan malah akan membuat fungsi utamanya jadi terabaikan. Jangan sekali-kali memasukkan perabotan yang tidak fungsional dan juga berukuran terlalu besar.

Beberapa aspek lain yang juga sering luput dari perhatian saat menata kamar mandi adalah ventilasi dan sistem drainase. Jika kedua hal tersebut tidak diperhatikan pembuatannya, bisa-bisa kamar mandi jadi cepat kotor, berjamur, dan membahayakan diri.

Kesalahan terakhir yang perlu dihindari adalah memilih keramik lantai yang tidak sesuai dengan peruntukan kamar mandi. Jangan sampai memilih keramik yang permukaannya licin karena bisa-bisa Anda atau keluarga terpeleset saat berada di dalam kamar mandi.

Menempatkan TV di Kamar Tidur

Terlalu banyak bantal di kamar tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan tulang belakang. Selain itu, secara estetika pun hal ini bisa mengakibatkan kesan berantakan pada kamar, terutama pada area tempat tidur.

Hal lain yang perlu dihindari adalah mengaplikasikan cat dinding dengan warna yang terlalu terang secara berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan kesan berat dan panas, sehingga dapat mengganggu kualitas tidur siapapun yang ada di dalamnya.

Hindari pula menutupi kamar tidur dengan wallpaper dengan motif yang terlalu penuh. Tampilannya mungkin unik dan menarik, namun kamar tidur bisa mendadak terasa lebih sempit. Terakhir, sangat disarankan untuk tidak melengkapi kamar tidur dengan peralatan elektronik seperti televisi, konsol game, bahkan VCD/DVD player.

Adanya peralatan elektronik di dalam kamar tidur memang menyenangkan. Peng huninya dapat bersantai di kamar tidur sambil menikmati tayangan favorit di televisi. Padalah, kehadiran benda-benda tersebut malah akan membuat Anda dan pasangan tidak bisa menikmati waktu beristirahat yang cukup.
Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me