Pengembang Diajak Bangun Perumahan di Kaltara

Big Banner

Nunukan – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie, mengajak developer (perusahaan pengembang) untuk membangun kawasan pemukiman. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara siap memberikan kemudahan perizinan dan membantu fasilitas umum (fasum).

“Pemprov Kaltara siap mendukung para developer tidak hanya kemudahan dalam hal administrasi perizinan tetapi juga siap membangun fasum,” kata Irianto, Rabu (1/2).

Pemberian kemudahan dan turut membangun fasum atau utilitas tersebut dengan tujuan mengurangi beban sekaligus menurunkan harga jual perumahan di wilayahnya.

Pemberian kemudahan tersebut terkait dengan adanya program pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) tentang bantuan prasarana utilitas untuk kawasan pemukiman yang disesuaikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) setempat.

Menindaklanjuti program pemerintah pusat tersebut, Dinas PUPR-PKP Kaltara sedang mendata kawasan pemukiman di wilayahnya agar developer dapat tumbuh dengan baik dengan mendapatkan dana bantuan dari Direktorat Jenderal Kawasan Pemukiman Kempupera.

“Bantuan dari pemerintah yang dimaksudkan itu berupa sanitasi, jalanan dalam kawasan pemukiman serta fasilitas lainnya yang dibutuhkan,” kata Irianto.

Bantuan pemerintah ini, lanjut dia, developer menjual perumahannya dengan harga murah sehingga masyarakat menjangkaunya sesuai kemampuan.

“Pemprov Kaltara akan mengagendakan pertemuan dengan seluruh stakeholder agar dapar bekerjasama dengan maksimal yang tentunya berimbas pada kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan perumahan,” tambahnya.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me