Jakarta Smart City Terus Genjot Perbaikan Transportasi Publik

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Salah upaya yang dilakukan untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota Cerdas atau smart city adalah dengan meningkatkan sistem transportasi publiknya.

Jakarta Smart City, salah unit di dalam Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan kriteria tersebut.

“Kalau dari sisi transportasi, untuk mobilitasnya kami sering memberikan informasi kepada Transjakarta koridor mana saja yang kecepatannya kurang atau di bawah rata-rata,” ucap Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji kepada KompasProperti, di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Kemudian, lanjut Setiaji, jika ditemukan titik bottleneck di salah satu koridor, pihaknya meminta Transjakarta untuk melakukan sterilisasi di koridor tersebut.

Di sisi lain, Jakarta Smart City juga menyediakan informasi setiap hari tentang head way atau jarak antar bus baik saat jam sibuk maupun tidak, sehingga manajemen lalu lintas bus bisa tepat waktu.

Untuk itu, dengan pengelolaan yang tepat, Setiaji yakin targetnya membuat perjalanan di Jakarta dari berbagai arah bisa ditempuh hanya dalam 75 menit pada 2025 nanti bisa terealisasi.

“Kami sendiri di Jakarta Smart City mendukung mobilitas cerdas dengan memanfaatkan waktu ke tempat tujuan agar lebih efisien. Tujuan kami pada 2025 dari berbagai arah di Jakarta hanya 75 menit menggunakan transportasi publik,” pungkas Setiaji.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me