Bonus Demografi, Indonesia Membutuhkan Pasokan Hunian

Big Banner
Indonesia Economic Outlook 2017 (Rumah123/Dodiek Dwiwanto)

Indonesia sedang mengalami bonus demografi sejak 2012 dengan banyaknya orang dengan usia produktif. Hal ini akan berakhir pada 2042 mendatang.

Sementara pada 2030 hingga 2045, bonus demografi ini akan mulai habis dan memunculkan aging population atau generasi yang tidak lagi produktif.

Baca juga: Generasi Milenial Pilih Wisata Yang Lebih Menantang

Peluang dari bonus demografi ini adalah peningkatan penawaran tenaga kerja dan peningkatan modal manusia. Meski begitu, angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh orang yang tidak lulus atau hanya lulus sekolah dasar (SD) yang mencapai 45,62 persen.

Hal tersebut dipaparkan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto dalam acara Indonesia Economic Outlook 2017 di Grand on Thamrin Pullman Hotel, Jakarta pada Selasa (31/1).

Baca juga: Developer Hong Kong Belum Beradaptasi dengan Generasi Milenial DINC

Adanya bonus demografi dengan banyaknya tenaga kerja produktif tentunya membuat kebutuhan akan hunian semakin meningkat.

“Tentunya, karena kita bonus demografi, mayoritas pekerja kita pekerja produktif, tentunya hal-hal konsumtif dan hal yang terkait perumahan tentunya menjadi kebutuhan para pekerja ini,” ujar Agus Susanto kepada Rumah123.

Baca juga: Generasi Milenial: Jalan-Jalan Nomor Satu, Bayar Cicilan Pendidikan Nanti Dulu!

“Inilah kami mendorong pengusaha untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan para pekerja produktif ini,” lanjut Agus.

BPJS Ketenagakerjaan juga membantu para pekerja dalam hal pembiayaan perumahan dengan bekerja sama dengan pihak perbankan.

Baca juga: Cuma Kerja 8 Tahun, Lalu Pensiun Dini dan Traveling di Usia Milenial

“Kami sedang bekerja sama dengan beberapa bank untuk memberikan fasilitas pinjaman kepada para pekerja kita,” kata Agus lagi. “Tahun ini, kita punya target untuk membantu ketersediaan perumahan sampai 25.000 unit. Tiap tahun kita akan evaluasi.”

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me