Nah, Begini Cara Bikin Perabot Kayu Tetap Awet

Big Banner
Foto: Foto: Rumah123/iStock

Perabot kayu memang sulit dirawat bagi orang yang tidak telaten. Perabot rumah berbahan kayu jati atau meranti memiliki ketahanan yang lama. Akan tetapi, jika tidak dirawat, perabot ini juga akan rusak dan rapuh.

Kalau kamu ingin mempertahankan kualitas perabot kayu tersebut agar tidak cepat rapuh atau rusak, sebaiknya lakukan ini:

Baca juga: Punya Rumah Tingkat? Bikin Tangga Kayu yang Keren Seperti Ini Dong!

Pertama, upayakan letak perabot terhindar dari paparan cahaya secara langsung, begitu juga dengan pendingin ruangan. Hal ini dilakukan supaya kayu tidak cepat kering dan warnanya pun tidak pudar.

Kedua, sebaiknya hindari dari bahan-bahan kimia berunsur keras karena bisa membuat lapisan kayu mengelupas. Kalau lapisan sudah mengelupas atau berbentuk lubang kecil tentunya tidak bagus  dilihat bukan?

Baca juga: Ayo, Singkirkan Perabot Karat dengan Gula!

Ketiga,  apabila ingin mengelap perabot kayu tersebut, gunakan lap bersih dan kering. Selain itu, gunakan bahan khusus pembersih kayu. Sebaiknya, gosok secara perlahan saja agar lapisan tidak terkelupas. Kalau ada bagian yang sulit dibersihkan atau dijangkau, kamu bisa menggunakan kuas.

Keempat, ingin perabot kayu tetap berkilau gunakan ampas kelapa. Caranya, gosok ikuti arah serat kayu dan diamkan sejenak sekitar 5-10 menit. Kemudian, lap lagi menggunakan kain kering yang bersih. (Dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me