10 Kota di Dunia dengan Harga Rumah Paling Mahal

Big Banner

KompasProperti – Perusahaan riset Demographia meluncurkan hasil penelitian terbaru terkait 10 kota dengan harga rumah paling mahal di dunia.

Dalam daftar tersebut, kota dengan harga rumah paling mahal adalah Hongkong, China. Menyusul 3 kota lainnya yang berada di Australia dan Selandia Baru. 

Melbourne menempati peringkat enam dalam penelitian ini, sementara Adelaide, Brisbane dan Perth peringkat di atas 20.

Survei ini mempelajari 406 kota dengan populasi lebih dari satu juta orang menggunakan “beberapa median”, antara lain harga rumah rata-rata dibagi dengan pendapatan rumah tangga rata-rata tahunan kotor, untuk menilai keterjangkauan harga perumahan.

Nilai Sydney adalah 12,2 yang menyiratkan bahwa rumah tipikal memerlukan upah lebih dari 12 tahun untuk bisa membelinya.

Pasar perumahan Australia mencakup 33 kota yang dianggap “sangat tidak terjangkau”, empat “terjangkau” dan tiga “cukup terjangkau”.

BARRY Gedung Opera di Sydney, Australia.

Demographia menulis, kebijakan pembatasan perkotaan adalah penyebab krisis keterjangkauan Australia.

Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengekang pertumbuhan urban sprawl dengan mendorong kepadatan yang lebih besar di daerah perumahan yang ada ketimbang membuka area baru untuk pembangunan.

Survei ini juga menampilkan laporan Perdana Menteri baru New South Wales, Gladys Berejiklian yang bersumpah mengatasi keterjangkauan perumahan sebagai salah satu prioritas utama selain infrastruktur dan ekonomi.

Berejiklian mengatakan peningkatkan pasokan perumahan akan membutuhkan beberapa cara. Termasuk memecahkan masalah keterjangkauan.

Bendahara Federal Scott Morrison juga mengatakan tengah mencari cara untuk membuat perumahan lebih terjangkau dan mengacu pada inisiatif yang telah berlangsung di Inggris.

worldpropertychannel.com Deretan rumah di San Fransisco, Amerika Serikat.

Namun, seringkali pemerintah di sejumlah kota cenderung berdiam diri ketika harga rumah dua sampai tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan.

Berikut daftar kota di dunia dengan harga rumah paling mahal:

1. Hongkong, China
2. Sydney, Australia
3. Vancouver, Kanada
4. Auckland, Selandia Baru
5. San Jose, Amerika Serikat
6. Melbourne, Australia
7. Honolulu, Amerika Serikat
8. Los Angeles, Amerika Serikat
9. San Francisco, Amerika Serikat
10. Bournemouth dan Dorset, Inggris

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me