Tarif Sewa Kantor di Kawasan Bisnis Jakarta Menurun

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Tingkat ketersediaan ruang perkantoran di Central Business District (CBD) atau kawasan bisnis di Jakarta meningkat tajam pada 2016.

Pada 2016, jumlah pasokan ruang perkantoran bertambah sebanyak 450.000 meter persegi. Secara keseluruhan, jumlah ruang kantor yang tersedia hingga kuartal IV 2016 mencapai 5,3 juta persegi.

Baca juga: Lihat Nih, Transformasi Gudang Menjadi Ruang Kantor yang Keren!

Sedangkan pada 2015, pasokan ruang perkantoran di kawasan bisnis Jakarta tercatat mencapai 250.000 meter persegi.

Pada 2015 ini, ruang perkantoran yang telah disewa tercatat di bawah 50.000 meter persegi. Sementara pada 2016, ruang perkantoran yang sudah disewa di atas 50.000 meter persegi.

Baca juga: Bangunan Tua Dipermak Jadi Kantor Desain dan Biro Arsitek, Lebih Kekinian Lho!

Penyerapan ruang perkantoran yang tertinggi tercatat pada 2011 yang mencapai 400.000 meter persegi. Padahal, pada tahun ini, pasokan baru tidak mencapai 150.000 meter persegi.

“Pasokan 450.000 meter persegi dalam setahun ini menekan okupansi,” ujar Head of Research JLL Indonesia James Taylor seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Siapa Sih Yang Ga Mau Kerja di Kantor Kayak Gini?

“Sepanjang tahun 2016, kami merasa jumlah pasokan cukup tinggi untuk sektor perkantoran, sehingga dampak dari peningkatan permintaan menjadi tidak terlalu terasa,” lanjut Taylor.

Banyaknya pasokan ruang perkantoran di kawasan bisnis atau CBD dalam satu tahun terakhir ini ternyata menekan okupansi atau tingkat keterisian.

Baca juga: Pabrik Roket Ini Didesain Ulang Jadi Bengkel, Cafe, dan Kantor! Oke Juga Kan?

Mau tidak mau, para pengelola gedung perkantoran harus menurunkan tarif sewa supaya ruang kantor tetap terisi.

Pada 2016 lalu, permintaan paling banyak untuk ruang kantor berasal dari perusahaan e-commerce. Lantas menyusul perusahaan jasa, perbankan, dan hukum.

Baca juga: Dapur Ini Juga Berfungsi Sebagai Kantor dan Tempat Meeting! Masa Sih?

Sebaliknya, perusahaan yang kurang dalam permintaan ruang kantor adalah yang bergerak di bidang minyak, gas, atau pertambangan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me