Angka 4 dan 13 di Gedung Jangkung Itu Sial, Benar Ga Sih?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Kalau kamu tak menemukan penunjuk lantai 4 dan lantai 13 di lift gedung bertingkat, kemungkinan sang pengembang gedung itu percaya mitos kesialan kedua lantai tersebut.

Sebagian orang menduga bahwa kepercayaan tersebut bagian dari feng shui. Namun, pakar feng shui sekaligus arsitek, Ir. Sidhi Wiguna Teh, membantahnya dan menyebut hal itu sebagai mitos.

“Dihilangkannya angka 4 dan 13 pada lantai gedung-gedung bertingkat bukanlah bagian dari feng shui. Sebab, kalau feng shui adalah mempelajari pengaruh tenaga medan elektromagnetik dari Bumi,” kata Sidhi kepada rumah123.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Wah, Atap Pasar Anyar Unik Sekali, Terinspirasi Apa Ya?

Menurutnya, menghilangkan angka 4 dan 13 merupakan salah satu bagian dari mitos dan culture. Dalam bahasa Mandarin, angka 4 dan kata “mati” memiliki bunyi yang sama meski dalam penulisannya berbeda.

“Sedangkan untuk angka 13, ini mengikuti legenda dari Barat, yang dikenal luas sebagai Friday13th, ketika King Philip dari Perancis memerintahkan prajuritnya untuk membunuh semua orang pengikut Freemason, sebuah organisasi yang divonis sesat. Mereka ditangkap dan dieksekusi mati pada tanggal 13 hari Jumat,” tutur Sidhi.

Sidhi yang juga dosen di Fakultas Teknik Universitas Tarumanegara Jakarta ini mengatakan, penerapan kepercayaan terhadap angka ‘sial’ tersebut merupakan kekeliruan masyarakat merespons mitos dan legenda dari masa lampau.

Baca juga: Seperti Apa Ya Pengembangan Kota Kasablanka?

“Bukan hanya angka 4 dan 13, namun semua hal pastinya memiliki sisi negatif dan positif, jadi tergantung bagaimana cara kita mengoptimalkan sisi positif dari sesuatu yang kita percayai,” kata Sidhi.

Akan tetapi, Sidhi meyakini bahwa tidak semua pengembang gedung perkantoran atau apartemen di Indonesia meyakini mitos angka sial ini.

“Memang ada beberapa pemilik gedung yang tidak ingin mengambil risiko kerugian dengan meniadakan angka 4 dan 13 pada lantai gedung. Dikhawatirkan kepercayaan orang terhadap angka sial tersebut akan menghambat pemasaran gedung tersebut,” kata Sidhi.

Baca juga: Partisi dari Kaca? Wah, Bisa Jadi Alternatif Pemisahan Ruangan Lho

Menurutnya, dalam  metode flying star pada feng shui, angka 4 bahkan dicari oleh mereka yang masih single karena 4 melambangkan romance star.

Bagi anak-anak yang masih bersekolah, angka 4 juga angka yang dicari karena dipercaya merupakan academic star. Sementara angka 13, menurut Sidhi, sudah keluar dari cakupan angka dalam feng shui karena dalam feng shui hanya dikenal angka 1 sampai 9 saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me