JLL: Suplai Apartemen Melimpah, Daya Serap Pasar Melempem

Big Banner

demand dan supply belum menyentuh titik kesimbangan.

Head of reasearch JLL INdonesia James Taylor memaparkan sepanjang kuartal IV-2016 lalu pasar hanya mampu menyerap 1.307 unit, mengakumulasikan penjualan sepanjang 2016 menjadi 5.450 unit. JLL mencatat sepanjang kuartal IV-2016 terdapat dua proyek baru,yakni Ciputra World 2 oleh Ciputra Group (449 unit) dan Daan Mogot City oleh PT China Harbour Indonesia (800 unit). Pasokan baru tersebut menjadikan jumlah unit apartemen di Jakarta hingga akhir tahun lalu mencapai 125.000 unit.

“Dibandingkan 2015 terjadi penurunan sales sekira 20%, sedangkan pada tahun ini diproyeksi akan meningkat 10% dengan didukung sejumlah faktor,” katanya saat menjelaskan Jakarta Property Market Update Kuartal IV-2016 di Jakarta, Kamis (2/2).

Sejumlah faktor yang dimaksud Taylor a.l. stabilitas rupiah, peningkatan makro ekonomi, kebijakan pemerintah yang semakin mendorong pasar properti. Tak hanya itu, pemerintah juga dapat mendorong sektor apartemen melalui penyesuaian kebijakan pajak barang mewah dan super mewah serta perubahan regulasi kepemilikan oleh asing.

Menurut Taylor, penyerapan apartemen yang rendah hingga saat ini bukan dari penurunan daya beli masyarakat tetapi akibat sentimen yang negatif. Sehingga, diharapkan dengan penyelesaian kebijakan amnesti pajak nantinya dapat mengurangi sentimen negatif tersebut.

“Pada tahun lalu setiap kuartalnya kami melihat ada 60.000-an unit yang dipasarkan dengan penyerapan kurang dari 10%, jadi JLL optimis 2017 akan lebih baik,” ujar Taylor.

Country Head JLL Todd Lauchan menambahkan ke depan potensi akan sektor apartemen di Indonesia masih akan menjajikan. Indonesia memiliki jumlah populasi yang masif yang akan menarik sejumlah pengembang tidak hanya lokal tapi juga asing untuk membangun.

Lauchan menuturkan pengembang asing yang masih akan agresif melakukan ekspansi di Indonesia yakni dari China, Jepang, Hong Kong, dan Singapura.

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me