Ini Cara Agar Pisau Dapur Tak Kalah Tajam dari Silet!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Kalau pisau dapurmu bermasalah, pastinya kegiatan masak jadi terganggu. Jadi, jangan biarkan pisau dapurmu tumpul. Agar berfungsi dengan baik, rawatlah selalu pisau dapurmu. Lebih-lebih kalau kamu menggunakan pisau dapur lebih dari satu.

Pisau dapur memang banyak jenisnya. Di pasaran berbagai macam bentuk, fungsi, maupun merek tersedia. Sebut saja pisau untuk mengukir buah dengan ujung bengkok seperti paruh burung. Ada juga yang ujungnya melengkung ke atas, biasanya untuk menyayat. Ada juga pisau dapur yang ujungnya lurus untuk menusuk.

Baca juga: Begini Nih, Cara Merawat Pisau yang Benar

Sesuaikan penggunaan pisau dapur dengan fungsinya. Kalau tidak, pisau dapurmu akan cepat rusak. Kamu perlu memperhatikan juga sambungan angtara bilah pisau dan gagangnya. Pilihlah yang tidak mudah lepas, atau terasa goyang jika dipakai. Pilih bahan bilah pisau yang tidak mudah berkarat.

Secara umum, meskipun ukuran pisau bervariasi, rata-rata tidak lebih dari 30 cm. Bahkan ada yang lebih panjang lagi dari itu, belum lagi panjang gagangnya. Biasanya gagang berukuran panjang 8 cm hingga 10 cm. Namun, pisau yang berukuran panjang biasanya digunakan untuk industri.

Baca juga: Gini Cara Rumah Seken Bisa Di-KPR-kan!

Perihal gagang pun beragam. Beberapa produsen kadang menggunakan gagang dari kayu atau besi. Biasanya pisau dengan pegangan besi digunakan oleh koki. Sementara yang berbahan nilon cocok untuk pisau ikan, karena bahan tersebut tidak licin jika terkena air.

Nah, pilihlah pisau sesuai dengan fungsinya. Jika kamu merasa cukup hanya dengan satu pisau untuk kebutuhan rumahmu, tak masalah. Yang penting kamu merawatnya agar tetap tajam saat digunakan di dapur.

   

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me