Harga Rumah Mewah di Singapura Tembus Rp1 Triliun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menurut Business Inside, Singapura adalah salah satu kota paling makmur sejagat tahun 2016. Tidak heran harga rumah di negara kota itu termasuk yang termahal di dunia. Value Penguin, situs penyedia jasa pengelola keuangan baru-baru ini melakukan survei untuk mencari harga jual dan harga per square foot (dikonversi ke dalam meter persegi, red) tertinggi. Metode yang digunakan adalah mencari harga jual tertinggi dari seluruh wilayah negara kota tersebut yang dibagi dalam 28 kawasan.

Foto Singapura

Didapat hasil, rentang harga rumah mewah di negeri Singa itu mulai 4,4 juta hingga 106 juta dolar Singapura,  setara Rp 41,7 miliar hingga Rp 1 triliun. Harga rata-rata 24.612 dolar Singapura (Rp 233 juta) per meter persegi dan yang termahal mencapai Rp 1,43 miliar per m2.

Di manakah rumah termahal di Singapura tersebut? Menurut data di situs PropertyGuru, lokasi rumah itu di kawasan Orchard/River Valley. Rumah termahal ini areanya seluas 2.695 m2. River Valley sangat dekat dengan kawasan Orchard, salah satu pusat komersial kota ini. Jalan-jalan utamanya antara lain Robertson Quay, River Valley Road, Grande Road dan Mohammed Sultan Road. Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai kawasan pilihan kaum ekspatriat, karena memiliki aneka fasilitas gaya hidup modern termasuk sekolah internasional.

Rumah termahal kedua ditemukan di kawasan Clementi Park/Upper Bukit Timah. Harganya 90 juta dolar Singapura atau Rp 853 miliar, dengan rumah di kaveling seluas hampir 6.500 m2. Berada di sisi utara kawasan Orchard, lahan kawasan ini berbukit-bukit. Juga disukai warga kaya, sebab dekat beberapa klub beranggota khusus, seperti Hollandse Club, the British Club, the Jappanese Association dan the Swiss Club.

Adapun, harga tertinggi dilihat dari harga per meter persegi, ditemui di kawasan Boat Quay/Marina. Rumah paling mahal di sini berharga 160.200 dolar Singapura per m2 atau Rp 1,52 miliar per m2. Harga totalnya memang 5,2 juta dolar Singapura (Rp 49,3 miliar), tapi ukuran kavelingnya cuma seluas 32,4 m2. Berada di lahan reklamasi, Marina memang kini menjadi kawasan komersial yang sedang hype di Singapura.

Perlu dicatat, meski Singapura sesak dengan apartemen, tapi yang dimaksud rumah adalah rumah tapak. Harga yang sangat tinggi itu tentu semakin memperlihatkan bahwa di sana, punya rumah tapak adalah  sebuah kemewahan. Hanya orang-orang super kaya saja yang sanggup memilikinya.

Sumber: Value Penguin

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me