Oh Gini Toh Cara MBR Singapura Bisa Beli Rumah

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Ternyata masalah belum punya rumah bukan hanya di Indonesia saja. Di Singapura, negara kota yang makmur, juga bisa punya masalah yang sama.

Dilansir dari detikFinance, pemerintah Singapura membangun rumah susun (rusun) sama halnya dengan Indonesia untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Baca juga: WNI Jadi Salah Satu Pembeli Terbanyak Properti di Singapura

“Bagi rakyat, pemerintah membangun rumah susun dengan harga 150 sampai 400 ribu dolar Singapura, dicicil lima sampai 25 tahun,” ucap Pemandu di Singapura, Farid.

Rusun yang dibangun di sana, rata-rata memiliki luasan 80-200 meter persegi. Tipenya bervariatif, mulai tipe dua sampai lima kamar tidur.

Baca juga: Ada Kincir Bentuk Jam Porsche Loh… di Puncak Menara Mewah Ini

Soal pendapatan gaji terendah per bulan, di Singapura bisa mendapatkan sekitar 1.500 dolar Singapura atau setara Rp20 juta. Namun, pendapatan itu tidak sebanding dengan biaya hidup yang bisa menghabiskan 2.500-3.000 dolar Singapura alias dua kali pendapatan.

“Di sini ada program tabungan mirip Jamsostek. Jadi pekerja itu menabung, dan wajib membayar iuran 20 persen dari gaji. Ditambah lima persen dari majikan. Kalau tidak begitu, sulit masyarakat beli rumah,” katanya lagi. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me