Nunda Beli Rumah Sekarang, Susah di Masa Depan, Mau?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

 

Berapa usiamu saat ini? 20 tahun? 30 tahun? Berarti kamu masuk dalam kelompok umur produktif. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) 2013, Indonesia sedang mengalami bonus demografi. Bonus ini ditandai dengan banyaknya orang yang berusia produktif.

Pada 2030 hingga 2045, bonus demografi ini akan mulai habis dan memunculkan aging population atau generasi yang tidak lagi produktif.

Baca juga: Bikin Dapur Menarik Supaya Masak Tambah Asyik

Hal tersebut dipaparkan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, dalam acara Indonesia Economic Outlook 2017 di Hotel Pullman, Jakarta, beberapa waktu lalu. Adanya bonus demografi dengan banyaknya tenaga kerja produktif tentunya membuat kebutuhan akan hunian semakin meningkat.

“Mayoritas pekerja kita memang pekerja produktif, sehingga hal-hal konsumtif dan hal yang terkait perumahan tentunya menjadi kebutuhan para pekerja ini,” ujar Agus.

Baca juga: Pasangan Milenial Ini Lebih Memilih Rumah Mungil

Nah, kalau kamu sekarang masih produktif, gimana 20 atau 30 tahun lagi? Bayangkan, pada saat kamu tak lagi produktif, tapi belum punya rumah, di mana kamu akan tinggal? Bersama anak, ya kalau punya anak atau anak tinggal satu negara. Di rumah jompo? Lebih enak tinggal di rumah sendirilah. So, jangan tunda-tunda lagi membeli rumah. Selagi masih produktif, inilah saat yang tepat untuk membeli rumah.

Menurut perencana keuangan Ligwina Hananto, kalau sudah siap untuk beli rumah, ya ayo segera beli! Kalau belum siap, tetap menabung untuk dana DP (uang muka). Kalau pada umur 30 tahun kamu harus serius mempertimbangkan beli properti, maka pada umur 40 belum punya properti itu lampu merah. Paham kan?

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me