Cina Gencar Membuat Hutan Vertikal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sebuah bangunan dengan konsep unik sedang dibangun di Pukou,  Nanjing, Tiongkok, dekat Sungai Yangtze. Keunikannya hampir seluruh fasade gedung akan berupa kebun yang didapat dari sekitar 1.100 pohon yang dikombinasikan dengan sekitar 2.500 tanaman semak. Tetumbuhan itu menghijaukan area seluas 6.000 m2, karena itu dijuluki Nanjing Vertical Forest.

Nanjing Vertical Forest

Nanjing Vertical Forest

Proyek milik National Investment Group Co Ltd, perusahaan daerah Nanjing Yang Zi ini yang pertama di Asia. Gedung berkonsep serupa sudah ada di Milan, Italia, yang beroperasi sejak 2014.  Kedua proyek ini didesain biro arsitek yang sama, Stefano Boeri Architetti. Arsitek ini menggunakan konsep demikan dalam rangka untuk membantu mengurangi polusi udara yang semakin lama kian buruk melanda banyak kota besar di Tiongkok. Tanaman-tanaman itu diharapkan bisa meregenerasi keragaman hayati lokal dan menghasilkan 60 kg oksigen per hari, serta menyerap gas CO2 sebanyak 25 ton per tahun.

Gedung kembar yang masing-masing setinggi 200 dan 108 meter di Nanjing ini dirancang sebagai proyek multifungsi. Pada gedung yang lebih tinggi akan difungsikan sebagai ruang perkantoran di lantai 8 sampai 35, juga museum dan sekolah arsitektur hijau. Di atapnya akan dihiasi green lantern yang dikelilingi private rooftop club. Sementara di menara lebih pendek akan dijadikan hotel 247 kamar yang akan dikelola  jaringan Hyatt International. Kedua menara ini berdiri di atas bangunan setinggi 20 meter yang berfungsi sebagai ruang ritel, restoran, ruang pamer, conference hall, area rekreasi dan fasilitas edukasi.

Pembangunan proyek ini ditargetkan rampung pada tahun 2018. Dikabarkan, Tiongkok akan membangun gedung serupa di kota-kota besar lainnya, seperti Shijiazhuang, Liuzhou, Guizhou, Shanghai serta Chongqing dan semuanya dirancang oleh biro arsitek Boeri.

Berbagai sumber.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me