Rumah SBY di Kuningan Harganya Lebih Rp100 Miliar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Rumah baru dari negara kepada Presiden keenam RI  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nilainya mencengangkan. Rumah di kawasan Mega Kuningan VII, Kuningan, Jakarta Selatan, itu nilainya  diperkirakan ratusan miliar. Rumah tersebut merupakan hak  SBY sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan atau Mantan Wakil Presiden.

Rumah SBY di Mega Kuningan

Rumah SBY di Mega Kuningan

Rumah untuk presiden yang menjabat dua periode (2004-2009 dan 2009-2014) itu  bangunannya dua lantai seluas 700 m2 di atas di tanah seluas 1.500 m2. Informasi yang berkembang sebelumnya luas tanahnya 4.000 m2 tapi dibantah pihak SBY yang menyebut luasnya sekitar 1.500 m2.  Lokasinya merupakan  kawasan elit dekat dengan pusat bisnis Mega Kuningan dan hunian pejabat tinggi, pengusaha, dan diplomat asing. Harga pasar tanah kaveling  Mega Kuningan saat ini di atas Rp100 juta/m2, sementara kaveling hunian berkisar Rp80-92 juta/m2. Bila diambil harga termurah tanahnya saja senilai Rp120 miliar. Itu belum termasuk bangunannya yang nilainya diperkirakan lebih Rp9 miliar (Rp13 juta/m2). Ada yang menilai bangunannya Rp15 juta/m2 sesuai spesifikasi rumah mewah, lantai marmer dan dilengkapi lift.

Rumah SBY di Mega Kuningan

Rumah SBY di Mega Kuningan

Nursaleh Natsir, agen properti The Premium Property Jakarta, mengatakan, harga properti di Mega Kuningan tergantung lokasi dan pemiliknya. Orang-orang yang kelebihan uang terkadang pasang harganya tidak masuk akal. Tapi secara umum harganya berkisar Rp90-100 juta/m2. Tapi saat kondisi pasar properti lesu seperti sekarang harga sebesar itu sulit diserap pasar.   “Sekarang harga transaksinya paling Rp60 jutaan/m2 karena situasi saat ini masih sulit, kalau pemilik ngotot dengan penawarannya lakunya lama,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (3/2).

Sebagai contoh, Natsir memegang listing rumah relatif  baru tipe 600/500 di kawasan Mega Kuningan rumah yang ditawarkan  Rp46 miliar atau Rp92 juta/m2.  Masih di kawasan Mega Kuningan ada yang menawarkan rumah agak tua tipe 670/500 seharga Rp45 miliar (Rp91,8 juta/m2) dan 510/700 seharga Rp49 miliar (Rp70 juta/m2). Yang terakhir itu lebih murah karena umur bangunannya cukup tua dan lokasinya lebih masuk di Jl Karang Asem, Mega Kuningan.

“Jadi rumah SBY ini nggak hebat banget karena lokasinya masih di bawah Jl Sriwijaya (Kebayoran Baru) atau Menteng. Tapi kalau soal harga memang tidak bisa disamakan karena tergantung bentuk kaveling, lokasi, umur bangunan, dan sebagainya,” imbuhnya.

Rumah SBY yang terdiri dari dua massa bangunan.  Langgamnya modern kontemporer dengan atap limasan. Fasad dipercantik dengan finishing homogenous tile warna krem dikombinasi grey dan coklat.  Tambahan kerawangan di bagian atas membuat tampilannya lebih menarik sekaligus berfungsi sebagai penyaring sinar (sun screen). Area entrace yang lantainya berwarna hitam dinaungi kanopi beton lebar yang disangga empat tiang.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me