Proyek Superblok Dukung Transformasi Kota Balikpapan

Big Banner

Jakarta – Pesona Balikpapan sebagai kota pusat pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur dan Indonesia Timur menjadi daya tarik pengembang untuk membangun di wilayah ini. Salah satunya, lewat pengembangan proyek superblok Borneo Bay City yang dilengkapi berbagai infrastruktur berstandar internasional sehingga Balikpapan pun layak dinobatkan sebagai The New Metropolitan City dengan fasilitas super lengkap.

“Balikpapan punya posisi yang strategis sebagai pintu gerbang Kaltim. Kami mengharapkan kehadiran Borneo Bay City akan menjadi salah satu ikon penggerak perekonomian di Balikpapan,” ujar CEO Borneo Bay, Paul Christian, di Jakarta, Selasa (6/2).

Di dalam Borneo Bay City, PT Pandega Citra Niaga yang merupakan anak usaha Agung Podomoro Land (APLN) nantinya akan membangun mal, apartemen Borneo Bay Residence, hotel bintang lima, nature park, dan gourmet tower.

“Perseroan, mengharapkan kehadiran SCBD Borneo Bay City akan mempercepat transformasi Balikpapan sebagai kota Metropolitan Baru yang menggerek pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur,” tambah Paul Christian.

Sementara itu, Assistant Vice President Marketing PT Pandega Citraniaga, Agung Wirajaya, menuturkan, khusus untuk hunian apartemen Borneo Bay Residence, kini telah menyelesaikan pembangunan 2 menara (tower), yakni tower Kartanegara Mansion dan tower Marthapura Mansion, serta bangunan Annex yang menghubungkan kedua menara tersebut. Kedua menara ini terdiri dari 1.120 unit apartemen berbagai ukuran.

Sejak diumumkan pemasarannya dua tahun lalu, hingga kini telah lebih 70 persen dari unit apartemen ludes terjual. Penutupan atap (topping off) bangunan telah dilakukan akhir tahun lalu, dan tahun ini dijadwalkan para penghuni sudah bisa menempati unit apartemen idamannya.

“Serah terima dilakukan bertahap mulai pertengahan 2017, sedangkan seluruh proyek rampung pada 2018,” tambahnya.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, menekankan, Balikpapan sebagai pintu gerbang Indonesia Timur terus berkembang menjadi kota masa depan di wilayah timur Indonesia.

“Balikpapan ingin memberikan kenyamanan bagi penghuninya, keluarganya, maupun pendatang termasuk para investor,” ungkapnya.

Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur (Kaltim) secara umum dalam beberapa tahun terakhir ini terus bergerak maju dengan cepat. Berbagai infrastruktur dibangun disini selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebuah jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang lebih 99,2 kilometer kini tengah dibangun, dan rencananya akan selesai 2018. Ruas tol ini, bahkan akan terhubung hingga kota Tenggarong dan Bontang. Nantinya, ruas tol ini akan semakin mempercepat jalur transportasi antara Samarinda–Balikpapan, dan semakin meningkatkan jumlah pengunjung ke Balikpapan.