Hingga 2016, Jasa Marga Operasikan 583 Kilometer Jalan Tol

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Selama 2016, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah berhasil membukukan total aset sebesar Rp 53,5 triliun berkat meningkatnya aktivitas konstruksi perseroan.

Jumlah itu meningkat 46 persen dari 2015 yang menghasilkan total aset Rp 36,7 triliun.

“Pertumbuhan aset yang signifikan ini terjadi karena adanya peningkatan aktivitas konstruksi kami terutama di Jalan Tol Semarang-solo’ style=’color:#428bca;’>Semarang-Solo dan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi,” jelas AVP Corporate Communication Dwimawan Heru, dalam siaran pers yang diterima KompasProperti, Rabu (8/2/2017).

Hingga akhir 2016, Jasa Marga tercatat telah mengoperasikan sepanjang 593 kilometer jalan tol.

Selain itu, di tengah percepatan pembangunan tol yang ada, Jasa Marga juga berhasil mendongkrak laba bersih sebesar 29 persen menjadi Rp 1,89 triliun dari periode sebelumnya yang hanya Rp 1,47 triliun.

Pencapaian laba bersih ini, terjadi karena kontribusi dari pendapatan tol dan usaha lain milik perseroan yang tumbuh 16 persen menjadi Rp 7,63 triliun serta usaha untuk mengendalikan beban usaha dan beban bunga.

“Pertumbuhan pendapatan tol dan usaha lainnya merupakan kontribusi dari pendapatan tol sebesar Rp 7,9 triliun dan pendapatan usaha lain sebesar Rp 905,6 miliar,” tambah dia.

Meningkatknya pendapatan tol karena kenaikan tarif tol dan juga pertumbuhan volum lalu lintas.

Pendapatan lainnya juga berkembang sangat signifikan, yakni sebesar 78 persen bila dibandingkan dengan periode 2015.

Pada tahun yang sama, operator tol dengan kode emiten JSMR ini melakukan peningkatan pelayanan operasional lainnya bersama dengan operator-operator lainnya seperti PT Lintas Marga Sedaya, PT Semesta Marga Raya, dan PT Pejagan Pemalang Toll Road.

Ketiganya memberlakukan integrasi sistem transaksi di antara Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes Timur.

“Selain itu, jelang akhir 2016 kami juga meluncurkan Mobile Apps JMCARe, yang memberikan informasi terkini kondisi jalan tol dengan fitur berbasis push notification message,” tutup Heru.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me