Atasi Backlog Sejuta Rumah, REI Godog 3 Usulan Ini ke Pemerintah

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Program Sejuta Rumah sampai saat ini masih mengalami backlog. Pada 2015, rumah yang berdiri baru mencapai 699.700 unit dan pada 2016, baru 805.169 unit rumah. Untuk membantu mengatasi kekurangan tersebut, Asosiasi Pengembang Real Estat Indonesia (REI) mengusulkan beberapa hal kepada pemerintah.

Ada tiga hal yang diusulkan REI, yakni penghapusan BI checking kredit pemilikan rumah (KPR) untuk PNS, TNI, dan Polri, uang muka atau down payment (DP) satu persen untuk pengembang, dan lima persen bagi masyarakat umum. Juga memperkecil bunga pinjaman untuk pengembang yang ingin membangun rumah MBR.

Baca juga: Presiden Jokowi Tetap Berkomitmen pada Program Sejuta Rumah

“Ya itu salah satu wacana internal kami sebagai salah satu cara untuk menggenjot Program Satu Juta Rumah,” kata Ketua REI Soelaeman Soemawinata, seperti dikuti dari Kompas.com.

Akan tetapi, usulan tersebut belum disampaikan ke pemerintah karena masih menjadi pemikiran di kalangan internal REI.

Baca juga: 7 Kendala Program Sejuta Rumah

“Semua sedang kami sempurnakan karena nantinya bukan hanya usul tersebut yang akan kami sampaikan ke pemerintah,” katanya.

Sampai saat ini, program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo tersebut belum juga mencapai target sejuta rumah per tahun.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me