Juara ArchDaily Building of  the Year Awards 2017

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Setelah melewati serangkaian penilaian yang ketat dari dewan juri internal dan pilihan pembaca selama dua minggu, 2017 ArchDaily Building of  the Year Awards mendapatkan pemenangnya. Para juara itu berhasil memenangi hati dewan juri dan lebih dari 75.000 pembaca ArchDaily dari seluruh dunia atas sekitar 3.000 proyek. Ada 16 pemenang untuk masing-masing kategori, yaitu sebagai berikut.

1. Best Applied Products: Refurbishment of the Pavilion Dufour Château De Versailles, Prancis

Pavilion Dufour Château De Versailles, Prancis

Pavilion Dufour Château De Versailles, Prancis

Ini adalah proyek perbaikan Pavilion DuFour dan Old Wing dari Istana Versailles yang direvitalisasi menjadi ruang penerima bernuansa baru di antara the cour royale (royal courtyard) dan the cour des princes (princes’ courtyard). Oleh Dominique Perrault Architecte, ruang-ruang tersebut diberi imbuhan material metal berwarna keemasan, memberi kesan lebih modern, terang, sekaligus elegan.

2. Small Scale Architecture: ICD-ITKE Research Pavilion 2015-16, Stuttgart, Jerman.

archdaily-awards-ICD-ITKE_RP15-16

Bangunan (85 m2) ini terbuat dari bahan sejenis tekstil yang berasal dari serat kayu. Proyek riset ini hasil kolaborasi dari peneliti dan mahasiswa multidisiplin yang ada di kampus ICD-ITKE University of Stuttgart.

3. Educational Architecture: Frederiksvej Kindergarten, Frederiksberg, Denmark

archdaily-awards-Frederiksvej_Kindergarten

Dibangun secara bertahap sejak 2011 dan rampung seluruhnya di tahun 2016. Sekolah sekelas taman kanak-kanak ( 1.700 m2) ini oleh COBE dirancang menjadi semacam kampung kecil yang terdiri atas 11 rumah yang saling terkoneksi.

4. Public Architecture: Leixões Cruise Terminal, Matosinhos – Portugal

archdaily-awards-cruise-terminal

Porto Cruise Terminal adalah pelabuhan kecil yang berlokasi di Dermaga South, Matosinhos. Di bawah wewenang Administração dos Portos do Douro e Leixões (pemda setempat), kawasan ini adalah bagian dari proyek peremajaan kawasan (1,75 ha). Proyek yang dirancang Luís Pedro Silva Arquitecto merangkum antara lain cruise ship terminal, fasilitas marina, dan kampus the Science and Technology Park of the Sea of the University of Porto.

5. Housing: VIΛ 57 West, New York – AS

archdaily-awards-via57

Dibangun di lahan seluas 7,7 ha, di sudut West 57th Street dan West Side Highway, dan berhadapan dengan Hudson River Park ini, BIG- Bjarke Ingels Group merancang  dengan konsep baru, courtscraper. Bentuk bangunan proyek milik Durst Organization ini serupa segitiga yang didesain sedemikian rupa, di mana salah satu bagian tertingginya mencapai 32 lantai. Bangunan apartemen ini membungkus sekotak halaman di bagian tengah, sebagai ruang terbuka untuk interaksi warga. Gedung yang berlokasi, di awal tahun 2017 meraih penghargaan the Best Tall Building in the Americas, pada acara 2016 Tall Buildings Award yang diadakan oleh the Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).

6. Cultural Architecture: Elbphilharmonie, Hamburg, Jerman

archdaily-awards-elbphilharmonie

Bangunan seluas 125.512 m2 di lahan selapang 10.540 m2 dirancang oleh Herzog & de Meuron. Lokasinya di area yang kini sedang hype di Hamburg sebagai area budaya dan sosial warga setempat dan acapkali dikunjungi wisatawan. Berfungsi utama sebagai gedung konser, sejatinya ini adalah proyek multifungsi yang berisi antara lain philharmonic hall, a chamber music hall, apartemen dan hotel.

7. Refurbishment: The Stealth Building, New York – AS

archdaily-awards-refurbishment-

Ini adalah proyek peremajaan bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1857 dan berada di area preservasi. Karena itu perubahan itu tidak boleh mempengaruhi fasade. Perubahan di bagian atap sisi belakang, membuat bangunan yang aslinya setinggi lima lantai plus dua lantai basement ini, jadi memiliki tujuh lantai (1.300 m2) dengan balkon pribadi. Di dua lantai teratas, WORKac menciptakan ruang yang mengombinasikan antara unsur alam dengan gaya hidup perkotaan.

8. Healthcare Architecture: Maggie’s Cancer Centre Manchester, Manchester – Inggris

Healthcare Architecture: Maggie's Cancer Centre Manchester, Manchester - Inggris

Healthcare Architecture: Maggie’s Cancer Centre Manchester, Manchester – Inggris

Bangunan seluas 1.922 m2 ini berlokasi di Wilmslow Rd, Manchester. Foster + Partners merancang dengan konsep ’home away from home’, berfungsi sebagai rumah singgah bagi para penderita kanker yang sedang berobat di Christie Hospital Nhs Trust. Ruang dalamnya dirancang oleh desainer Norman Foster dan Mike Holland.

Laman: 1 2

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me