Tren Bahan Bangunan, 2017 Mulai Bangkit ? (3)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Februari 2017 menurunkan liputan tentang tren banhan bangunan tahun 2017. MPI memprediksi tahun ini bahan bangunan akan menggeliat kembali seiring dengan mulai menggeliatnya bisnis properti.

Tren desain interior dan arsitektur bangunan di Indonesia berkembang cukup dinamis, bahkan terus bergeser setiap tahun atau musim. Perubahan ini akan mengikuti isu yang mencuat di dalam negeri maupun secara global. Tahun 2017, desain dan arsitektur bangunan diprediksi akan mengedepankan efi siensi dan efektivitas seiring de ngan upaya memerangi pemanasan global.

Implementasi dari hal tersebut adalah pemilihan bahan baku (material), furniture, dan desain bangunan yang atraktif namun mengedepankan aspek ramah lingkungan (environmental friendly) serta tahan lama (sustainable). Konsep modern atau minimalis akan menjadi keniscayaan pada bangun an seperti hunian, hotel, dan perkantoran.

Sementara, warna-warna yang dipilih adalah warna cerah, lembut, dan netral. Warna cat rumah ternyata tidak hanya berfungsi untuk penghias interior rumah saja, tetapi juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis penghuninya. Menurut portal properti Lamudi, tren warna cat rumah yang akan menjadi populer di 2017 adalah warna netral. Warna-warna netral seperti putih dan abu-abu diperkirakan tahun 2017 akan menjadi salah satu pilihan warna favorit yang akan banyak digunakan.

“Pengaplikasian warna putih dan abuabu juga dapat memberikan kesan yang lapang pada ruangan, sehingga sangat cocok bagi rumah dengan luas tanah yang tidak besar. Warna jenis ini juga sangat baik bagi mereka yang ingin menciptakan suasana ruang yang terang serta dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya interior,” tulis rilis Lamudi yang dikirimkan ke awak media. Selain warna netral, tahun 2017 dipredi ksikan sebagai tahun yang penuh dengan gejolak, untuk itu tren warna cat rumah yang membawa ketenangan diprediksikan akan banyak digunakan.

Contohnya seperti pengaplikasian warna biru, warna ini dapat memberikan dampak psikoligis ketenangan bagi pemilik rumah. Warna biru dapat memberikan efek ketenangan dan rileks, makanya tak heran warna ini banyak digunakan untuk ruang kamar mandi dan kamar tidur.

Tidak hanya itu saja, warna hijau diperkirakan oleh Lamudi juga akan banyak digunakan,
warna ini juga akan menciptakan suasana yang tenang, relaksasi dan juga dapat melambangkan kesehatan. Atau juga warna kuning, yang dapat memunculkan kesan optimis, percaya diri dan memotivasi.

Warna ini juga dapat memunculkan karakter yang hangat. Sementara itu, untuk warna penutup atap atau genteng, Thanik meyakini, untuk warna warna klasik dan gelap masih menjadi kontributor utama KIA. “Warna favorit untuk gentang keramik yang pertama adalah Coco Brown atau coklat tua, yang kedua topaz natural atau coklat muda.

Untuk tahun depan juga saya rasa masih akan seperti itu,” sebut pria asal Thailand ini. Hal berbeda berlaku untuk lini produk rangka tanpa jaringan yang didistribusikan oleh PT BSS Products Distribution.

Karena produknya lebih banyak tidak terlihat, seperti rangka atap baja ringan Smart Truss, waterproofi ng Casali, sillicon sealant Dow Corning, dan thermal refl ective insulation Polynum. Fransiskus menitikberatkan pada kualitas produk dan fungsionalitasnya.

“Taso Smart Truss sebagai market leader materialnya menggunakan standar yang terjamin serta desain engineringnya valid dan akurat. Disamping itu, untuk kenyamanan pembeli, kita sediaka installer yang terlatih dan kami berikan garansi 10- 20 tahun,” terangnya. Hal yang sama juga berlaku untuk water proofi ng Casali yang berasal dari Italia.

Dari penuturan Fransiskus, produk dengan harga Rp500-700 ribu per roll ini memberikan kemudahan aplikasi untuk waterproofing berjenis membran. Bahkan, dirinya juga menemukan fakta ada aplikator yang menolak menggunakan merek lain karena proses pembakarannya yang cepat.

Sementara itu, tambah Fransiskus, Sillicon sealant Dow Corning juga memiliki spesifi kasi yang tidak kalah mentereng karena sudah mendapatkan sertifi kasi dari Singapore Green Building Council. Sedangkan Polynum menjanjikan proteksi dari sinar inframerah tiga kali lipat dibandingkan
kompetitor. MPI/MRR. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me