Konsep Rumah Tumbuh dari KPR Mikro BTN, Mau Tahu?

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/iStock

Bank Tabungan Negara (BTN) pada 24 Februari nanti akan merilis program terbarunya, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro. Apa sih itu KPR Mikro?

KPR Mikro merupakan program kredit yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu dengan penghasilan tidak tetap, semisal petani, nelayan, dan pedagang. Namun, sebagaimana yang disampaikan oleh Business and Sales Department Head BTN, Budi Permana, KPR Mikro ini termasuk kategori non-subsidi.

Baca juga: Nih… Ada Bantuan Beli Rumah Rp50 Jutaan dengan DP 10 Persen, Mau?

“Itu skema kredit non-subsidi, hanya kami buat aturannya agar masyarakat sektor mikro tetap bisa dapat kredit untuk beli rumah,” kata Budi kepada rumah123.com, Jumat (10/2).

Menariknya dari program KPR Mikro ini, jumlah kredit bantuan untuk membeli rumah diberikan sebesar Rp50-75 juta per unitnya. Dengan uang muka maksimal 10 persen dari harga rumah yang akan dibeli.

Baca juga: Ada Cicilan KPR Hingga 25 tahun Loh, Masih Aja Nunda Beli Rumah?

Jadi, kelompok penghasilan tidak tetap ini dengan menggunakan KPR Mikro bisa membangun rumah awal dengan fasilitas satu kamar tidur dan kamar mandi. Namun, ketika kelompok ini memiliki dana, bangunan tersebut bisa diperluas atau merupakan rumah tumbuh.

“Jadi masuknya KPR Mikro ini untuk Rumah Inti Tumbuh (RIT) yang bangunnya bertahap. Awalnya bangun rumahnya cuma berkamar satu dan satu kamar mandi. Nantinya bisa top up untuk tambah kamar. Ujung-ujungnya nanti, bangunan rumahnya utuh sama seperti yang ada sekarang,” ujarnya menjelaskan. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me