Mau Menyewakan Properti? Baca Ini Dululah! (2)

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Menariknya berinvestasi di sektor properti, selain kamu berpeluang dapat keuntungan dari peningkatan nilai jual properti, juga dari menyewakannya. Namun, hal yang kamu harus antisipasi bahwa investasi properti merupakan investasi yang tidak likuid, sehingga butuh waktu lama untuk menjualnya kembali.

Itu sebabnya investasi properti merupakan investasi jangka menengah dan panjang, yakni sekitar 5-10 tahun. Kalau kamu bermaksud menyewakan propertimu, berikut ini tips menentukan harga sewa hunian:

Baca juga: Tarif Sewa Kantor di Kawasan Bisnis Jakarta Menurun

Ketiga. Untuk bisa mendapatkan harga sewa properti yang bagus, kamu harus tahu lebih dulu sebelum membeli properti tersebut apakah berada di kawasan hunian yang berpotensi memberikan return value/capital gain yang tinggi.

Salah satu parameternya adalah aksesibilitas yang mudah, ketersediaan sarana atau prasarana, dan manajemen pengelolaan kawasan yang profesional.

Baca juga: Noble House Tawarkan Harga Sewa Kantor yang Kompetitif

Kondisi lingkungan yang nyaman, citra kawasan yang baik, dan kejelasan konsep pengembangan juga sangat mendukung percepatan pengembangan kawasan sebuah hunian.

Kawasan-kawasan seperti itu biasanya diindikasikan oleh tingkat hunian  kawasan yang  cukup tinggi (75-100%), kondisi fisik lingkungan yang terawat dengan baik, dan  kawasan pengembangan  yang tidak terlalu luas.

Baca juga: 4 Tips Jitu Memilih Agen Properti yang Oke

Perlu juga kamu ketahui bahwa untuk memperoleh capital gain yang tinggi  lebih baik kamu membeli properti pada saat diadakan launching, karena harga penawarannya masih cukup rendah.

Keempat. Jika kamu ingin menggunakan jasa agen properti, sebaiknya kamu menggunakan agen properti yang kredibilitasnya sudah teruji.

Baca juga: Mau Investasi Properti di Tahun Ayam Api? Perhatikan Tiga Lokasi Ini

Dalam hubungan kerja sama dengan agen properti, yang perlu kamu perhatikan adalah sejauh mana hak dan kewajiban agen yang tertuang dalam perjanjian kerja sama, serta jumlah komisi yang harus disisihkan untuk agen. Umumnya besarnya komisi untuk agen properti berkisar 3% dari nilai transaksi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me