DP Rumah 0 Persen Dianggap sebagai Reformasi Sektor Perumahan

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Gagasan uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk pembelian rumah dinilai sebagai jalan menuju penyediaan rumah terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Seperti diketahui, gagasan tersebut diusung oleh Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan, yang disampaikan dalam dua debat terakhir pada Februari 2017 ini.

Baca: Pengganti DP Rumah, Anies Usul Tabungan 6 Bulan

“Perihal DP 0 persen yang dikemukakan Pak Anies itu momentum untuk kembali kemukakan agenda Pasal 28 H Undang Undang Dasar 1945,” kata Direktur RUJAK Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja, kepada KompasProperti, Senin (13/2/2017).

Elisa menambahkan, sesuai dengan amanat konstitusi tersebut, negara memiliki tugas untuk memastikan setiap warga negara berhak atas rumah tinggal yang layak.

Sebaliknya, negara hadir bukan untuk membuat beberapa pihak justru semakin kaya melalui investasi dan spekulasi rumah, tanah, serta properti lainnya.

Baca: DP Rumah 0 Persen Tidak Mendidik Konsumen

Elisa sendiri semakin yakin rumah terjangkau untuk rakyat sangatlah mungkin terjadi. Pasalnya, beberapa kebijakan pemerintah pusat saat ini sudah mengarah ke tujuan tersebut.

“Saya melihat agenda-agenda pemerintah nasional terkini terkait ekonomi berkeadilan. Pemerintah kembali menjadi pihak yang kuat dalam memastikan pemenuhan kebutuhan rumah tinggal dan bukan pemenuhan permintaan,” jelas dia.

Pembelian rumah dengan DP di muka menurut Elisa sering menjadi penghalang masyarakat untuk bisa memiliki rumah layak huni.

Dia menganggap program DP rumah 0 persen bisa dilihat sebagai reformasi di sektor perumahan.

“Kemudahan di awal pun bisa berdasarkan skema berbeda-beda. Dana bergulir misalnya, hingga sistem koperasi dan credit union. Konsep tersebut sudah diterapkan di Kalijawi hingga Makassar dan cocok untuk masyarakat informal yang tidak memiliki akses perbankan,” tulis Elisa dalam blog-nya.

Baca: Menegnal 3 Skema DP 0 Persen

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me