Masifnya Pembangunan Pencakar Langit di Tiongkok

Big Banner
Guangzhou CTF Finance Center, Guangzhou (Rumah123/Dezeen)

Sebuah menara pencakar langit di Tiongkok resmi diselesaikan pembangunannya pada Oktober 2016 lalu. Gedung ini berada di Zhujiang New Town, Guangzhou.

Gedung ini bernama Guangzhou Chow Tai Fook Finance Centre atau Guangzhou CTF Finance Centre ini memiliki tinggi 530 meter.

Baca juga: Menang Desain Stadion, Tetapi Tidak Punya Rekam Jejak Bangun Infrastruktur Olahraga

Guangzhou CTF Finance Centre pun menjadi pencakar langit tertinggi kedua di Tiongkok dan tertinggi kelima di dunia, dan mendapatkan sertifikat dari Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTUBH).

Menara pencakar langit ini memiliki 111 lantai dan merupakan mixed use building. Gedung ini terdiri dari perkantoran, ruang konferensi, hotel, dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 5)

Menara pencakar langit ini dimiliki oleh Chow Tai Fook Enterprises Ltd, sebuah korporasi privat yang berkantor pusat di Hong Kong.

Korporasi yang dimiliki oleh keluarga Cheng Yu Tung ini bergerak di bidang pembangunan properti, pengelolaan hotel dan kasino, transportasi, perhiasan, pengelolaan pelabuhan, dan telekomunikasi.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 4)

Guangzhou CTF Finance Centre didesain oleh biro arsitek Kohn Pedersen Fox. Biro arsitek ini merupakan yang terbesar di Amerika Serikat dan dunia. Biro arsitek ini didirikan pada 1976 di New York, Amerika Serikat.

Selesainya pengerjaan Guangzhou CTF Finance Centre menambah daftar panjang menara pencakar langit yang diselesaikan di Tiongkok.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 3)

Pada 2016 lalu, terhitung ada 66 persen gedung dengan tinggi 200 meter lebih yang berhasil diselesaikan pengerjaannya.

Sederetan menara pencakar langit di Tiongkok yang selesai pada 2016 lalu adalah Beijing Greenland Center, Hongkou Soho, dan Shanghai Tower.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 2)

Beijing Greenland Center didesain oleh Skidmore, Owings, & Merrill. Biro arsitek ini berdiri pada 1936 dan berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat.

Hongkou Soho dirancang oleh Kengo Kuma Associates. Biro arsitek ini dimiliki oleh arsitek Jepang, Kengo Kuma.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 1)

Sedangkan Shanghai Tower didesain oleh biro arsitek Gensler, salah satu biro arsitek tertua di Amerika Serikat.

Ketiga menara pencakar langit ini memiliki keunikan terutama soal fasad dan eksterior. Beijing Greenland Center memiliki fasad prisma, Hongkou Soho mempunyai fasad lempengan aluminium, sedangkan Shanghai Tower memiliki dua fasad.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me