Konsumen Lebih Mementingkan Lokasi Ketimbang Harga

Big Banner

Jakarta – Berdasarkan hasil survei Property Affordability Sentiment Index 2016, 98 persen konsumen properti di Indonesia menempatkan lokasi sebagai faktor penting dalam pemilihan hunian. Selain itu, para pencari properti di Indonesia menganggap keamanan lingkungan juga sebagai salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan pembelian hunian.

“Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan media sosial, informasi adanya aksi kriminal di berbagai wilayah di Indonesia dapat tersebar dengan cepat. Masyarakat pun dapat mengambil langkah pencegahan dan mewaspadai agar peristiwa tersebut tidak menimpanya. Dan jika aksi kriminal sering terjadi di wilayah tertentu, maka hal ini bisa membuat calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli properti di wilayah tersebut,” jelas Country Manager Rumah.com, Wasudewan, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (14/2).

Survei ini, kata Wasudewan, juga mencatat akses menuju transportasi publik sebagai faktor penting ketiga bagi para pencari properti di Indonesia dengan persentase sebesar 81 persen.

“Bagi pencari properti masa kini, sekarang bukan saatnya lagi mempertimbangkan jarak menuju tempat kerja atau transportasi publik. Waktu tempuh adalah faktor utama, karena mempertimbangkan lalu lintas yang macet dan ketidakpastian di jalan raya. Perumahan yang berada dekat stasiun commuter line paling diburu oleh pencari properti karena menawarkan waktu tempuh yang lebih cepat dan jadwal keberangkatan yang lebih banyak setiap hari dan lebih pasti,” tambahnya.

10 Faktor utama pertimbangan pencari properti dalam memilih hunian

1. Lokasi 98 persen.

2. Keamanan lingkungan 87 persen.

3. Akses menuju transportasi publik 81 persen.

4. Infrastruktur dan fasilitas sekitar 77 persen.

5. Harga per meter persegi 72 persen.

6. Luas bangunan 71 persen.

7. Desain dan konstruksi 64 persen.

8. Fasilitas dalam lingkungan properti 63 persen.

9. Rencana pengembangan area 57 persen.

10. Kesiapan untuk ditempati 56 persen.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me