Gini Cara Sukses Beli Hunian di Pameran

Big Banner
Maket Kemang Penthouse di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 Jakarta Convention Center (JCC), 11-19 Februari. Foto: Rumah123/Ade Miranti

 

Saat ini sedang berlangsung Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), 11-19 Februari. Tentunya para pengembang properti berlomba memberikan promosi menarik di ajang pamer ini.

Potongan harga, bunga KPR rendah, bonus furnitur dan suvenir, hadiah ponsel tercanggih, bahkan uang muka (DP) nol persen, semuanya ditawarkan. Mungkin kamu jadi bingung mana yang harus kamu ambil di antara begitu banyaknya penawaran.

Baca jug: Beli 1 Unit Apartemen Ini, Dapat Iphone 7, Beneran Loh!

Meskipun hujan promosi, kamu gak harus jadi pusing kok. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu berburu properti di pameran.

Membandingkan

Pameran properti adalah saat yang baik untuk membandingkan berbagai produk properti dari para pengembang. Bandingkan harganya, temukan produk yang harganya lebih murah dari lokasi atau kawasan yang sama.

Bandingkan pula kelebihan dan kekurangan masing-masing produk properti yang ditawarkan. Cek dan ricek lagi apakah properti yang dipamerkan benar-benar produk yang berkualitas.

Baca juga: Mau DP Nol Persen? Beli Unit Eureka Aja!

Hindari Transaksi Instan di Tempat  

Jangan terpengaruh untuk terburu-buru melakukan transaksi pada saat pameran berlangsung. Hal ini untuk mengurangi risiko penyesalan di kemudian hari.

Bisa saja lokasinya ternyata tak terjangkau. Lebih baik melakukan transaksi setelah kamu mengecek lokasinya.

Cek Langsung ke Lokasi

Sempatkan mengecek langsung lokasi properti. Jangan puas hanya dari melihat foto properti di situs properti atau brosur atau maket saja. Dengan mengecek lokasi, kamu bisa membuktikan apakah informasi yang diberikan si pengembang saat pameran sesuai dengan bukti yang ada di lapangan.

Baca juga: Klaster Terbaru Sinar Mas Land Ini Sangat Dekat Stasiun KA Rawa Buntu

Teliti Lagi Soal Diskon

Jangan mudah tergiur diskon saat pameran. Bertanyalah secara detail kepada pengembang apakah diskon itu sugguhan ataukah setelah masa pameran harganya tetap sama.

Jangan Lupa Daya Beli

Pertimbangkan kemampuan finansialmu. Belilah rumah sesuai ukuran kantongmu. Kalau mampunya beli rumah yang kecil ya yang kecil saja dulu. Toh kalau sudah ada uang yang lebih banyak kamu bisa membeli rumah yang lebih besar.

Baca juga: DP 5 Persen dari BTN, Ayo Manfaatkan!

Kredibilitas Sang Pengembang 

Kamu perlu tahu pengembang yang mana saja yang kredibel. Salah satu cara adalah kamu teliti pengembang yang sudah melakukan initial public offering (IPO) atau tercatat di Bursa Efek Indonesia karena biasanya lebih terjamin.

Bisa juga dengan memilih pengembang yang terafiliasi dengan perusahaan terbuka. Tentu saja kamu  perlu meriset terlebih dahulu pengembang mana saja yang cukup kredibel.

rumah123.com