Tapera Bisa Jadi Solusi Mendanai Perumahan Rakyat

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan upaya untuk menyediakan dana bagi pemenuhan kebutuhan hunian rakyat. Namun, sayangnya sampai saat ini masih belum tuntas meskipun DPR sudah mengesahkan UU Tapera No. 24/2016, Maret tahun lalu.

Dikabarkan bahwa pemberi kerja (pihak pengusaha) hingga kini masih belum sepakat mengenai besaran iuran 0,5 persen yang harus dibayarkan. Sehingga, nasib Tapera saat ini masih dalam proses pembahasan tentang nominal iurannya.

Baca juga: PUPR: Tapera Bisa Diterapkan 2018. Semoga!

Apa pentingnya Tapera kalau sudah ada bantuan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) untuk rumah? Menurut mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Maurin Sitorus, seperti dikutip dari Kompas.com, ada perbedaan prinsip antara keduanya

Menurut Maurin, bantuan dana dari BPJS TK untuk perumahan sifatnya sampingan, sedangkan Tapera merupakan core (pokok) untuk mengatasi kebutuhan perumahan rakyat.

Baca juga: Pemerintah Anggap Tapera dan BPJS Berbeda

Bisa dimengerti kalau Maurin lantas mengatakan penerbitan peraturan pemerintah (PP) turunan dari UU Tapera harus diperjuangkan. Menurutnya, Tapera punya 3 fungsi, yaitu pembiayaan perumahan, distribusi subsidi atau gotong royong masyarakat yang berpenghasilan tinggi membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan tabungan.

Baca juga: Pengusaha Mengeluh, DPR: Iuran Tapera di Singapura Malah 35%

Pada Tapera, individu yang bukan MBR pun bisa ikut menyetor iuran meskipun dia tidak langsung mendapatkan manfaatnya. Namun, manfaat tak langsungnya, mereka ini nantinya pada masa pensiun akan menerima kembali hasil iurannya berikut manfaat investasinya.

Kalau dana perumahan hanya berharap dari iuran BPJS TK saja, menurut Maurin, angkanya terlalu kecil karena bukan fokus utama. Jadi, menurut Maurin, 20-30 tahun yang akan datang, masalah iuran perumahan di BPJS itu bisa hilang (tidak terasa). Sedangkan kalau kita punya Tapera (tabungan) iuran itu bisa semakin besar.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me