Gubernur Jambi Resmikan Rusun Pondok Pesantren

Big Banner

Jambi – Sekitar 250 orang santri pondok pesantren (Ponpes) An-Nur Desa Tangkit, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi kini bisa tinggal di rumah layak huni menyusul rampungnya pembangunan rumah susun ponpes tersebut.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, meresmikan penggunaan rumah susun (Rusun) Ponpes An-Nur Tangkit tersebut, Kamis (16/4).

Peresmian rusun ponpes tersebut, turut dihadiri Direktur Rumah Swadaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Raden Joni Subrata dan anggota Komisi V DPR, HA Bakri.

Zumi Zola mengatakan, rampungnya pembangunan rusun Ponpes An-Nur Tangkit diharapkan menjadi solusi terhadap kesulitan rumah para santri di ponpes tersebut selama ini.

“Kesulitan rumah pemondokan untuk santri di ponpes itu selama ini membuat mereka kurang nyaman. Sedangkan pihak Yayasan Ponpes An – Nur Tangkit tidak mampu membangun rumah layak untuk ratusan santri,” kata Zumi Zola.

Keberadaan rusun Ponpes An-Nur ini menjadi solusi terbaik mengatasi kesulitan penginapan bagi ratusan para santri. Rumah susun yang dibangun dengan dana Rp 8,6 miliar ini mampu menampung 250 orang santri.

“Para santri sudah bisa nyaman tinggal dan belajar karena merkea sudah memiliki pemondokan yang layak. Rumah susun ini juga sudah memiliki tempat tidur, lemari, meja dan kursi,”katanya.

Dikatakan, ponpes memiliki peran strategis meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun segi pembangunan karakter. Peran ponpes membangun kualitas sumber daya manusia nerkarakter belakangan ini semakin penting, khususnya menghadapi penyakit-penyakit masyarakat yang semakin meresahkan seperti masalah narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba), pergaulan bebas dan tindak kriminal.

“Saya berharap lulusan pondok pesantren bisa menjadi para kiai, para ustad, ulama, dan para tenaga-tenaga profesional yang berdaya saing tinggi. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi siap memberikan beasiswa kepada lulusan-lulusan terbaik ponpes ini,” tambahnya.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me