Mainkan Fasad, Rumah Sakit Juga Perlu Tampil Cantik!

Big Banner

KOMPAS.com – Beberapa fasilitas penting, misalnya rumah sakit atau instansi perawatan kesehatan lain, tentu membawa misi penting. Karena itu, seringkali fungsi lebih diutamakan ketimbang estetika.

Memang, hanya segelintir perusahaan penyedia jasa medis rela bersusah-payah menggandeng pengembang atau arsitek bervisi unik untuk membangun fasilitas kesehatan dengan fasad menarik. Salah satunya adalah firma arsitektur yang tampil dengan konsep menarik untuk pusat perawatan kesehatan adalah firma arsitektur Arcgency.

Firma arsitektur Arcgency, seperti disaksikan dalam Designboom, membuat Livsrum Cancer Care Center di Vejle, Denmark. Arcgency, yang juga berasal dari Denmark, ingin meniru tampilan alam yang ada di sekeliling fasilitas tersebut.

Tujuan Arcgency sebenarnya sederhana. Firma ini ingin membuat struktur yang menarik bagi penghuninya. Selain itu, mereka juga ingin agar struktur tersebut memiliki penampilan yang ekspresif.

Tampak dari jauh, Livsrum tersebut diselimuti oleh garis-garis mengambang di permukaannya fasadnya. “Garis-garis” tersebut sebenarnya adalah bilah-bilah kayu yang ditata berjejeran. Dari satu sudut pandang, Livsrum tampak diselimuti oleh kayu.

Sementara itu, dari sudut pandang lain, jejeran bilah kayu tersebut membuat Livsrum tampak dinamis dengan deretan kayu dan bayangan yang terus berganti sepanjang hari, mengikuti gerak semu matahari.

Secara spesfik, para arsitek yang mendesain Livsrum memang bertujuan membuat fasilitas yang terasa bagai rumah bagi para pasiennya. Meski mereka menerima tindakan medis dan terapi, namun para pasien tidak akan merasa seperti pasien di rumah sakit, atau tamu.

Nuansa interior yang kasual, tenang, dan menyenangkan rupanya bisa mewujudkan keinginan para arsitek. Selain itu, para arsitek juga menyediakan ruang-ruang berukuran kecil yang intim bagi para pasien.

Namun, meski fasilitas Livsrum berukuran besar, volume bangunan Livsrum dibagi menjadi empat gedung terpisah, namun saling terhubung. Kemudian, para arsitek ini juga menyediakan teras di luar ruangan.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me