Berbekal Bisnis Kursus Online, Generasi Milenial Ini Bisa Bayar DP Rumah

Big Banner
Vanessa Van Edwards (Rumah123/Business Insider)

Pada 2013, Vanessa Van Edwards mulai berfokus untuk membangun bisnis pelatihan profesionalnya, Science of People. Dia merupakan penulis dan juga wira usaha.

Dia menekuni penyelidikan perilaku. Van Edwards meneliti, menganalisa, dan melatih bahasa tubuh untuk membantu para profesional dalam mengembangkan kemampuan orang menjadi lebih baik.

Baca juga: Generasi Milenial: Jalan-Jalan Nomor Satu, Bayar Cicilan Pendidikan Nanti Dulu!

Saat itu, dia membaca sebuah blog untuk para penulis yang menyarankan dia untuk mengubah materi yang sudah dipublikasikan menjadi kursus online.

Klien biasanya mencari Van Edwards untuk meningkatkan performa karier mereka, dan juga mencari jejaring kerja atau menemukan pekerjaan mereka.

Baca juga: Cuma Kerja 8 Tahun, Lalu Pensiun Dini dan Traveling di Usia Milenial

Van Edwards sudah memiliki materi yang sudah ada menjadi lebih menarik dengan membuat video.

Dia merekamnya dengan smartphone iPhone miliknya dengan latar belakang dapur. Awalnya, dia merasa kalau semua ini tidak akan berjalan.

Baca juga: Tak Punya Uang Banyak, Pasangan Milenial Ini “Maksa” Bangun Rumah Mungil

Beberapa pekan kemudian, Van Edwards berhasil menuntaskan materi kursus online-nya dan memasukkan ke laman pendidikan online Udemy. Dia menargetkan memiliki 30 pelanggan.

Dia mematok harga pendidikan ini sebesar US 49 dollar (Rp 652 ribu) dan belum disetujui oleh Udemy. Saat itu, Van Edwards memutuskan untuk tidur setelah memasukkan materi ke situs ini.

Baca juga: Wow, Gadget Premium Ini Memang untuk Generasi Milenial

Saat dia bangun, dia kaget kalau ambisinya meraih 30 klien tercapai. “Inbox email saya penuh dengan penjualan. Hanya berisi halaman dan halaman berisi penjualan,” ujar Van Edwards seperti dikutip oleh Business Insider.

Sekarang, dia sudah membuat tujuh kursus secara daring (dalam jaringan) dan memiliki lebih dari 25.000 siswa. Salah satu kursusnya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang.

Baca juga: Produsen Gencar Pasarkan Produk Furnitur untuk Generasi Milenial

Dia bisa menghabiskan berbulan-bulan untuk mempersiapkan kursus online dan mulai menggunakan kru dan studio film profesional.

Van Edwards memperkirakan kalau kursus online ini menyumbang sekitar 40 persen dari pendapatannya. Keuntungan dari semua ini bisa untuk membayar uang muka (down payment) membeli rumah.

Baca juga: Generasi Milenial Jadi Pangsa Pasar Potensial Produsen Gadget Premium

Dia memang tidak mau terbuka soal berapa yang dia raih selama ini. Tetapi, Business Insider memberikan estimasi sederhana.

Kalau tiga perempat dari 25.682 siswa mengambil kursus paling murah dengan harga US 49 (Rp 652 ribu) dan sisanya mengambil kursus secara gratis.

Baca juga: Perbankan Tidak Ketinggalan Melirik Generasi Milenial, Saatnya Kamu Punya Rumah!

Lantas Van Edwards membagi semua pendapatan itu sama rata 50 persen dengan perusahaan maka dia masih mendapatkan US 471.000 dollar (Rp 6,2 miliar)!

Tentunya, penghitungan ini tidak mengkalkulasikan kalau banyak siswa Van Edwards mengambil kursus lanjutan seharga US 199 dollar (Rp 2,6 juta)!

Baca juga: Bidik Generasi Milenial, JGC Pasarkan Produk dengan Harga Terjangkau

Van Edwards menyatakan kalau kesuksesannya bukan hanya keberuntungan. Dia menyarankan banyak orang untuk melakukan hal yang sama.

“Tujuan saya adalah mendapatkan sedikit tambahan pendapatan, juga saya ingin mengajarkan sesuatu kepada orang pada tingkatan tertentu,” lanjut Van Edwards.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me