Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 7)

Big Banner
Royal Ontario Museum, Kanada (Rumah123/Libeskind)

Untuk kesekian kalinya, Amerika Serikat dan Kanada kembali diulas. Dua negara yang berada di Amerika Utara ini menjadi negara-negara yang memiliki banyak museum.

Ingin melihat museum berisi koleksi seni, kebudayaan dunia, dan sejarah alam sekaligus? Museum di Kanada ini bisa menjadi solusinya.

Baca juga: Wow Keren, MANICA Architecture Rilis Proyek Stadion Baru

Sedangkan museum yang berada di Amerika Serikat menyuguhkan koleksi lukisan dari maestro lukis dari Spanyol.

Ketigabelas, Royal Ontario Museum, Toronto, Kanada. Museum ini berdiri pada 2007 dan didesain oleh arsitek asal Amerika Serikat, Daniel Libeskind.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 1)

Libeskind mendesain fasad museum ini berbentuk struktur prisma lantaran banyaknya koleksi batu permata dalam museum ini.

Bentuk museum ini juga ditujukan sebagai ikon kota Toronto pada abad 21. Sebelumnya, museum ini sudah ada dengan desain klasik dan ada penambahan gedung baru berbentuk prisma.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 2)

Museum ini memang memiliki banyak koleksi seni, kebudayaan dunia, dan sejarah alam. Museum ini menjadi yang terbesar di Kanada dan terbesar kedua di Amerika Utara.

Salvador Dali Museum, Amerika Serikat (Rumah123/Phaidon)

Keempatbelas, Salvador Dali Museum, Florida, Amerika Serikat. Salvador Dali adalah pelukis asal Spanyol yang terkenal dengan karya beraliran surealis.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 3)

Museum ini memiliki koleksi Dali terbesar di luar Eropa. Museum ini mengoleksi 96 lukisan cat minyak, 100 lukisan cat air dan gambar, 1.300 grafis, foto, patung, dan benda seni lainnya yang dihasilkan oleh Dali.

Museum ini didesain oleh arsitek asal Amerika Serikat, Yann Weymouth dari firma HOK, sebuah biro desain, arsitek, dan teknik sipil terbesar di Amerika Serikat.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 4)

Fasad museum ini berbentuk kubus  yang terbuat dari kaca. Bentuk ini merefleksikan karya-karya dari Dali yang memang unik.

Setelah mengulas sederetan museum yang berada di Amerika Utara yaitu Kanada dan Amerika Serikat, saatnya untuk menengok sejumlah museum di negara-negara lain.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me