Kalau Hujan Terus-menerus, Jangan Lupa Cek Ini Yaaa…

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Hujan yang terus-menerus memang bisa mengkhawatirkan buat keselamatan dan kenyamanan penghuni rumah. Daripada terus mengkhawatirkannya, mending kamu cek kondisi bangunan hunianmu yuk!

Periksa Kondisi Atap

Atap jika terus-menerus terkena air nhujan deras akan tergerus dan bisa menyebabkannya rusak atau retak. Sebaiknya segera gunakan cat pelapis antibocor. Jika kerusakannya parah, lakukan penggantian.

Baca juga: Yuk, Hidup Sehat di Rumah Saat Musim Hujan Datang

Cek Pipa Saluran Pembuangan Air

Sesekali cek pipa saluran pembuangan air hujan yang berada pada pinggiran atap. Bisa saja ada sampah dedaunan atau benda-benda lain yang menyumbat saluran tersebut. Bikin lancar yah.

Teliti Kondisi Dinding

Periksa kondisi dinding dengan saksama, terutama dinding yang menggunakan material gipsum. Jika dinding gipsum mengalami kerusakan semisal berlubang atau lecet, cukup mendempulnya atau memotong bagian yang rusak.

Baca juga: Wah, Atap Pasar Anyar Unik Sekali, Terinspirasi Apa Ya?

Tempelkan kembali dengan papan gipsum yang baru. Selain itu, gunakan cat antiair agar mencegah terjadi jamur atau kerusakan dinding.

Cek Jaringan Kabel Listrik

Periksa jaringan kabel listrik hunianmu untuk menghindari setruman saat musim hujan. Bisa jadi ada tetesan air dari atap yang bocor dan mengenai jaringan kabel tersebut. Periksa pula apakah instalasi kabel ada yang robek. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me