2018, Trans Papua Bakal Beroperasi dan Bisa Menurunkan Tingkat Kemahalan

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Jalan Trans Papua dan Lintas Perbatasan Papua sepanjang 4.357 kilometer bakal beroperasional pada 2018 mendatang. Konektivitas infrastruktur jalan tersebut disinyalir akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Papua.

“Pembangunan di Pulau Papua tidak hanya untuk membuka keterisoliran. Namun, harus bisa menurunkan tingkat kemahalan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jalan Tol Mana Aja Sih yang Sudah Rampung dan yang Masih Dikerjakan?

Trans Papua tersebut ternyata membutuhkan dana alokasi yang tinggi. Menurut Direktur Jenderal Bina Marga PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, sepanjang 2015-2017, Kementerian PUPR telah mengalokasikan dana sebesar Rp18,54 triliun.

Dana tersebut diperuntukkan bagi pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Selama pembangunan konektivitas pada 2016, sudah ada 3.259 kilometer jalan yang sudah tersambung dari 10 segmen jalan di Trans Papua.

Baca juga: Kalau Jalan Trans Papua Rampung, Perekonomian pun Bakal Nyambung

Sepanjang 1.570 kilometer sudah dalam kondisi aspal, sedangkan 1.218 km masih tahap pengerasan tanah. Sementara untuk Jalan Perbatasan Papua, sudah menembus 876 kilometer jalan dari total 1.098 kilometer yang direncanakan.

Selain itu, jalan Merauke-Boven Digul yang rusak telah diperbaiki. Pengendara bisa menggunakan kembali jalan itu dari dan ke kedua kawasan tersebut dengan waktu tempuh 6-7 jam. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me