Bunga KPR Lagi Turun Nih, Bahkan Ada yang Fixed Sampai 5 Tahun Loh…

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Saat ini, perbankan menurunkan tingkat suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) menjadi 6,75-9,5%. Penurunan ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan rumah.

“Penurunan ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan rumah hingga 20 persen,” ujar Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi, Dibya K Hidayat, seperti dikutip dari Okezone.

Baca juga: Ga Harus Nunggu Bunga Kredit 1 Digit Juga Bisa Beli Rumah Kok!

Pernyataan tersebut disampaikan Dibya pada acara pembukaan REI Expo ke-2 di Mal Paragon, Rabu (15/2). Menurutnya, sebelumnya suku bunga KPR rata-rata di atas 10%.

Sebelumnya juga tak ada bank yang menawarkan bunga fixed hingga 5 tahun. Biasanya suku bunga fixed sampai dua tahun saja. Kisaran suku bunga 6,75-9%, menurut Dibya, cukup ideal untuk pembelian properti saat ini.

Baca juga: Gini Loh Cara Siasati Suku Bunga KPR yang Melonjak!

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, suku bunga fixed 5 tahun saat ini ditawarkan oleh BCA (7,75%), Mandiri (7,75%), CIMB Niaga (8%), BTN (10,25%), Mandiri Syariah (8,75%). Sedangkan suku bunga fixed 3 tahun diberikan oleh BCA (8%), CIMB Niaga (8%), Permata (7,5%), Panin (8%), dan BRI (8,45%).

Setelah masa angsuran suku bunga fixed tersebut selesai, biasanya akan dikenakan bunga floating yang bervariasi antarbank, tapi biasanya sih berkisar 12-14%.

Adapun persyaratan untuk mengajukan KPR di setiap bank biasanya hampir sama. Namun, yang perlu diingat bahwa gaji atau pendapatan per bulan minimal Rp3 juta dan berusia 21-60 tahun.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me