Ukuran Apartemen Super Kecil, Seperti Ini Mengaturnya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Unit apartemen di perkotaan saat ini ukurannya kian kecil sebagai siasat agar harga jualnya bisa lebih terjangkau. Kalau dulu tipe terkecil unit apartemen berupa studio berukuran 25-29 m2, saat ini ukuran tipe studia rata-rata hanya 21-23 m2 bahkan di beberapa lokasi ada yang ukurannya hanya belasan m2 sehingga konsepnya seperti kamar dormitory (kos-kosan).

Ukuran Apartemen Super Kecil, Seperti Ini Mengaturnya

Dengan ukuran ekstra kecil ini layout ruangnya pun tidak bisa macam-macam, hanya mencakup tempat tidur, pantry sekaligus dapur kecil dan kamar mandi mungil. Dengan layout seperti ini kita harus ekstra bersiasat untuk menatanya agar hunian ini pun tetap nyaman ditinggali. Dalam hal ini dibutuhkan gaya hidup dan perabotan yang sesuai untuk digunakan di apartemen ekstra mungil ini.

Dikutip dari website desain online, Selasa (14/2), ada beberapa tip yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan hunian mini apartemen kita yang akan memberikan kenyamanan lebih bagi penghuninya. Berikut beberapa panduannya:

  1. Pahami luasan ukuran

Pahami betul luasan unit hunian kita dan jadikan patokan untuk setiap kali kita ingin menyimpan berbagai barang di dalamnya. Pahami luasan ini artinya perhitungkan secara cermat setiap barang maupun benda yang kita miliki dan akan disimpan di unit hunian kita yang ukurannya sangat terbatas.

  1. Perabot modular

Salah satu siasat untuk memaksimalkan ruang adalah menggunakan perabot modular yang fungsinya fleksibel. Untuk tempat tidur, gunakan ranjang dengan alas yang bisa dilipat ke dinding sehingga saat tidak tidur kita memiliki ekstra space yang bisa digunakan untuk fungsi lainnya. Ada juga ranjang lipat yang dikombinasikan dengan meja, lemari, rak, maupun furnitur lainnya sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal.

  1. Penyimpanan vertikal

Buat lemari mulai dari dasar lantai hingga langit-langit ruang sehingga dinding berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan. Perhatikan ketebalan lemari jangan terlalu boros yang akan membuat space di dalam ruang semakin terbatas. Rancang lemari dengan pintu geser sehingga tidak memakan tempat untuk aksesnya, tambahkan juga cermin besar di bidang pintunya untuk membuat kesan ruang menjadi lebih luas.

  1. Gunakan hanya 1 meja

Tinggal di unit studio apartemen memang harus membiasakan diri dengan gaya hidup yang simpel. Untuk tipe apartemen seperti ini kita hanya boleh menyimpan 1 meja kecil yang fungsinya untuk beragam kegunaan mulai meja makan, meja kerja, meja setrika, dan lainnya. Lebih bagus lagi kalau meja ini juga dirancang bisa dilipat.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me