Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 10)

Big Banner
Museum of Islamic Art, Qatar (Rumah123/QM)

Dua museum yang dibahas pada bagian terakhir ini berada di duna benua berbeda. Salah satunya adalah museum seni Islam. Sementara satu museum lagi memiliki atap berwarna warni.

Museum seni Islam malah unik lantaran berada di semenanjung buatan di Teluk Doha dan menjadi bangunan yang paling menonjol di antara bangunan sekitarnya.

Baca juga: Berbekal Bisnis Kursus Online, Generasi Milenial Ini Bisa Bayar DP Rumah

Kesembilanbelas, Museum of Islamic Art, Doha, Qatar. Museum ini dirancang oleh arsitek Amerika Serikat kelahiran Tiongkok, I.M. Pei.

By the way, Pei yang sudah berusia 99 tahun ini dikenal banyak mendesain museum. Salah satunya Louvre Museum di Paris, Prancis.

Baca juga: Waduh, Gedung Kampus Ini Kok Banyak Lubangnya? Kenapa Ya?

Museum ini menjadi ikon kota Doha dan berisi tentang sejarah dan benda seni Islam. Koleksinya berasal dari tiga benua dan banyak koleksi yang sudah berusia 1.400 tahun.

Museum dengan luas 290.000 meter persegi ini terdiri dari museum, toko hadiah, perpustakaan, ruang belajar, teater, mesjid, dan restoran.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 8)

Sebelum merancang museum ini, I.M. Pei harus mengunjugi negara-negara Islam selama enam bulan untuk belajar soal Islam dan tradisinya sebelum menemukan ide membuat museum.

Biomuseo, Panama (Rumah123/E-Architect)

Keduapuluh, Biomuseo, Panama City, Panama. Museum ini menjadi salah satu karya arsitek senior asal Amerika Serikat, Frank Gehry.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 7)

Museum ini menjadi satu-satunya karya Gehry di Amerika Selatan dan kawasan tropis. Bentuk museum ini unik kalau melihat atapnya berwarna warni.

Museum ini memiliki nama lain yaitu The Biodiversity Museum: Panama Bridge of Life. Gehry memang mendesain museum ini sebagai donasi kepada masyarakat Panama dan kebetulan istrinya memang berasal dari negara ini.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 6)

Museum ini merefleksikan Panama yang muncul dari lautan, menyatukan dua benua, memisahkan lautan menjadi dua, dan mentransformasikan kekayaan hewan dan tanaman di planet ini.

Proses pembangunan museum ini cukup lama. Desain sudah disetujui sejak 1999, namun pembangunan baru dimulai pada 2004.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 5)

Konstruksinya dijadwalkan selesai pada 2011, namun terjadi penundaan hingga pertengahan 2012. Lantas museum ini baru dibuka pada 2014 lalu.

Wow, akhirnya dua puluh museum berhasil dibahas dalam sejumlah tulisan. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan untuk mendatangi museum-museum ini lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me