BPJS TK Beri Bantuan Uang Muka Maksimal Rp50 Juta, Mau?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Program Uang Muka Perumahan (PUMP) dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) akan segera diluncurkan. Tinggal menunggu aturan baru yang tengah disusun BPJS TK. Sebelumnya program ini sempat diterapkan, namun dengan alasan minim peminat akhirnya dihentikan.

Dana PUMP sendiri dialirkan kepada bank-bank pelaksana yang memenuhi persyaratan. Namun, bagaimana dampak PUMP jika diterapkan kembali pada sektor hunian kelas menengah atas?

Baca juga: Permudah Cicilan DP, JGC Lirik Segmen Muda

“Saya pikir kalau untuk program BPJS itu kan ada golongan, ada golongan dari pekerja biasa hingga pekerja yang lainnya. Nah, dari golongannya itu DP-nya juga berbeda. Jadi, untuk properti untuk semua jenis tidak masalah di BPJS,” tutur Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Junaidi Abdilah, dilansir dari Okezone.

Bakal diterapkannya kembali program tersebut, akan memberikan dampak positif terhadap dunia properti. Sekaligus mengurangi angka permintaan akan hunian (backlog) sebanyak 15 juta unit.

“Tidak ada, kan itu juga nanti kan juga kerja sama dengan pengembang. Artinya, BPJS memfasilitasi para karyawan untuk penyediaan rumah dan bangunan juga melalui pengembang. Justru malah bagus menurut saya,” ujarnya.

Baca juga: Konsep Rumah Tumbuh dari KPR Mikro BTN, Mau Tahu?

Dana maksimal Rp50 juta yang akan dipinjamkan kepada pengaju PUMP. Dengan syarat pastinya terdaftar sebagai peserta BPJS-TK. Itupun penerima dana bantuan tersebut berbeda-beda. Dari sumber BTN, upah di bawah Rp5 juta akan menerima bantuan sebesar Rp10 juta. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me