Nunggu Aturan Baru, Program Uang Muka Perumahan BPJS Segera Diterapkan

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumha123/iStock

Kalau kamu punya problem dana tambahan untuk uang muka pembelian hunian, BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) melalui Bank Tabungan Negara (BTN) menawarkan pinjamannya. Tinggal tunggu waktu saja, Program Uang Muka Perumahan Kerja-sama Bank (PUMP-KB) ini bisa diterapkan.

“Dalam waktu dekat akan diluncurkan, karena sedang menyusun program baru,” ujar Business and Sales Departemen Head KPR Subsidi BTN, Budi Permana, ketika dihubungi Rumah123, Jumat (17/2).

Baca juga: Ini Bukti BPJS TK Bantu Uang Muka dan Renovasi Rumah

Meski sebelumnya sempat diterapkan, program ini diharapkan membantu masyarakat terutama MBR yang belum memiliki rumah. Sekaligus mengurangi angka backlog sebanyak 15 juta unit.

“Kami menunggu penandatangan antara BTN dan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Syarat utama untuk pengajuan program tersebut yang pasti terdaftar sebagai peserta BPJS TK. Maksimal pemberian kredit sendiri ditentukan dengan jumlah upah pekerja diterima tiap bulannya.

Baca juga: Lagi Mau Beli Rumah? Manfaatkan Promo Menarik dari BTN ini Yuk!

Semisal, upah tenaga kerja tersebut di bawah Rp5 juta, maka pinjaman yang diberikan sebesar Rp20 juta. Maksimal kredit Rp50 juta yang diberikan untuk upah di atas Rp10 juta. Jadi, PUMP ini tidak hanya untuk pekerja upah rendah saja sasarannya, upah di atas rata-rata pun bisa mengajukan pinjaman dana uang muka ini. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me