Tangerang, Kota Terlaris Saat Ini untuk Transaksi Hunian

Big Banner
Sebuah menara hunian di Tangerang. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Tangerang memang terus berkembang. Saat ini kawasan Tangerang yang mencakup Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, merupakan pemasok hunian terbanyak sepanjang 2016. Di kota ini, 60 hingga 65 unit hunian laku per bulan per perumahan.

Menurut Director Research and Advisory Cushman and Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, selain memasok rumah terbanyak, Tangerang juga membukukan transaksi tertinggi di antara kota-kota: Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Baca juga: Tangerang Wilayah Penyangga Favorit

Menurut Cushman and Wakefield Indonesia, data kontribusi kawasan Tangerang terhadap pasokan rumah baru, yakni 70 persen hingga 80 persen dari total 12.000 unit. Artinya, di kawasan ini ada 8.400 hingga 9.600 rumah baru yang masuk pasar pada tahun lalu.

“Transaksinya mencapai 60 hingga 65 unit per bulan per perumahan,” ujar Arief kepada KompasProperti, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tangerang yang Semakin Diincar

Rumah yang paling diminati di kawasan ini, menurut Arief, tipe menengah sebanyak 36,5 persen. Adapun harga rumah menengah ini sekitar Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,6 miliar. Luas bangunannya 50-60 meter persegi dengan luas tanah 100-200 meter persegi.

Disusul rumah tipe menengah atas dengan harga Rp 2,3 miliar hingga Rp 2,450 miliar, dan tipe atas 12,6 persen seharga Rp 2,5 miliar hingga Rp 3,2 miliar.

Baca juga: Ini Loh! Rumah Murah di Tangerang, Jangan Sampai Kelewat!

Arief pun memprediksi, secara umum pasar rumah tahun ini akan lebih baik karena ada suntikan insentif dari Bank Indonesia berupa relaksasi loan to value (LTV) dan reference interest rate yang semakin rendah. Dampaknya, uang muka (DP) bisa lebih ringan dan nominal cicilan KPR-pun terjangkau masyarakat.

“Transaksi rumah akan tumbuh 150 persen,” katanya optimistis.

 

rumah123.com